300809

  • Uploaded by: BONIVASIUS BUDY
  • 0
  • 0
  • May 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 300809 as PDF for free.

More details

  • Words: 397
  • Pages: 1
www.obormedia.com

Minggu,

30 Agustus 2009

Pekan Biasa XXII B. Ghabra Mikael, Mrt; St. Heribertus, Uskup

ada suatu kali serombongan orang Farisi dan beberapa ahli Taurat dari Yerusalem datang menemui Yesus. Mereka melihat, bahwa beberapa orang murid-Nya makan dengan tangan najis, yaitu dengan tangan yang tidak dibasuh. Sebab orang-orang Farisi seperti orang-orang Yahudi lainnya tidak makan kalau tidak melakukan pembasuhan tangan lebih dulu, karena mereka berpegang pada adat istiadat nenek moyang mereka; dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya hal mencuci cawan, kendi dan perkakas-perkakas tembaga. Karena itu orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat itu bertanya kepada-Nya: “Mengapa murid-murid-Mu tidak hidup menurut adat istiadat nenek moyang kita, tetapi makan dengan tangan najis?” Jawab-Nya kepada mereka: “Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu,

P

Bacaan I Mazmur Bacaan II Bacaan Injil

: Ul 4:1-2.6-8 : 15:2-3a.3cd-4ab.5; R: 1a : Yak 1:17-18.21b-22.27 : Mrk 7:1-8.14-15.21-23

hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: “Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah. Apa pun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya. Sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinaan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

Renungan

A

turan adat-istiadat penting, tetapi jangan sampai membuat orang ”lumpuh”. Yang penting adalah melakukan segala sesuatu dengan hati yang tulus. Bukan sekadar kebiasaan atau adatistiadat. Bukan sekadar kewajiban dan keharusan. Mereka yang tulus melakukan segala sesuatu karena mereka mencintai, karena mereka ingin memberi yang terbaik, karena mereka memang senang dengan kebaikan dan kebenaran.

Apakah motivasiku yang utama kalau aku melakukan sesuatu? Apakah hanya untuk kepentingan dan kesenanganku? Apakah aku memikirkan akibat dan manfaat perbuatanku untuk orang lain? Apakah aku berusaha agar hidupku juga bermakna untuk orang lain? Tuhan, ajarilah aku melakukan segala sesuatu dengan hati yang tulus. Ajarilah aku memberi bukan karena diminta. Ajarilah aku memberi yang terbaik untuk sesama, untuk kesejahteraan orang banyak, untuk perdamaian di dunia ini agar semakin banyak orang bahagia karena apa yang aku lakukan. Amin.

www.obormedia.com

Related Documents


More Documents from ""

150809
May 2020 18
160809
May 2020 17
260809
May 2020 19
280809
May 2020 16
200809
May 2020 51
130809
May 2020 13