Pmw Kuis Kesehatan Indonesia

  • Uploaded by: Haris Alwafi
  • 0
  • 0
  • October 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View Pmw Kuis Kesehatan Indonesia as PDF for free.

More details

  • Words: 4,277
  • Pages: 26
USULAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

KUIS KESEHATAN INDONESIA

Disusun oleh : Haris Alwafi

NIM 22010115130226

Ammar Afdhaluddin

NIM 22010115130227

Cici Melati Nur Khanifa

NIM 22020115140065

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2018

HALAMAN PENGESAHAN PMW 1. Judul Kegiatan Wirausaha : Kuis Kesehatan Indonesia 2. Jenis Kegiatan Wirausaha : Jasa 3. Kegiatan Wirausaha : Pengembangan 4. Ketua Pelaksana a. Nama : Haris Alwafi b. Jenis Kelamin : Laki-laki c. NIM/semester/SKS : 22010115130226/ 6/ 111 d. Fakultas/Program Studi: Kedokteran/Kedokteran e. Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing B no 4, Tembalang/ 085668211567/ [email protected] 5. Jumlah Anggota :2 1. Nama : Ammar Afdhaluddin NIM.semester/sks : 22010115130227/ 6/ 111 Fakultas/Program Studi: Kedokteran/ Kedokteran Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing no 7, Tembalang/ 082136345338/ [email protected] 2. Nama : Cici Melati Nur Khanifa NIM.semester/sks : 22020115140065/ 6/ 111 Fakultas/Program Studi: Kedokteran/ Keperawatan Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing no 7, Tembalang/ 085728034117/ [email protected] 6. Biaya Pelaksanaan : Rp 22.300.000 7. Waktu Balik Modal : 12 bulan

Mengetahui, Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran

Ketua Kelompok

(Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S (K)) NIP 196607201995121001

(Haris Alwafi) 22010115130226

ii

DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan ............................................................................. Daftar Isi.................................................................................................. Daftar Gambar & Daftar Tabel ............................................................... Judul Kegiatan Usaha .............................................................................. Latar Belakang ........................................................................................ Diskripsi Produk...................................................................................... Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk ....................................... Aspek Mekanisme Produksi Produk ....................................................... Aspek Rencana Pemasaran Produk ......................................................... Aspek Rencana Anggaran dan Keungan ................................................. Aspek Sumber Daya Manusia ................................................................. Jadwal Kegiatan ...................................................................................... Penutup dan Kesimpulan......................................................................... Lampiran 1. Formulir Pendaftaran Peserta PMW ................................... Lampiran 2. Pernyataan Kesanggupan ....................................................

iii

ii iii iv 1 2 3 7 10 12 13 17 19 20 21 22

DAFTAR GAMBAR Gambar 1. Logo Kuis Kesehatan Indonesia............................................ Gambar 2. Keunggulan Kuis Kesehatan Indonesia................................. Gamber 3. Tampilan dan Antarmuka Kuis Kesehatan Indonesia ........... Gambar 4. Contoh Kompetitor Kuis Kesehatan Indonesia ..................... Gambar 5. Alur Produksi Kuis Kesehatan Indonesia.............................. Gambar 6. Uraian Tugas Dalam Produksi Kuis Kesehatan Indonesia ....

1 4 6 8 11 17

DAFTAR TABEL Tabel 1. Deskripsi Produk ....................................................................... Tabel 2. Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk ......................... Tabel 3. Aspek Mekanisme Produksi Produk ......................................... Tabel 4. Alokasi Pengeluaran di Awal .................................................... Tabel 5. Alokasi Pengeluaran Per Bulan ................................................ Tabel 6. Alur Kas Selama Setahun ......................................................... Tabel 7. Aspek Sumber Daya Manusia ................................................... Tabel 8. Jadwal Kegiatan ........................................................................

iv

3 7 10 13 13 14 17 19

PROPOSAL BUSINESS PLAN KUIS KESEHATAN INDONESIA JUDUL KEGIATAN Nama Usaha Jenis Usaha Tempat Unduhan Visi Misi

: Kuis Kesehatan Indonesia : Medico – Technopreneur : Google Play Store & Apple App Store : Mencerdaskan Tenaga Medis Masa Depan : Memfasilitasi mahasiswa kesehatan untuk dapat belajar ilmu kesehatan kapan saja dan dimana saja

Gambar 1. Logo Kuis Kesehatan Indonesia Link download PlayStore: http://bit.ly/KuisKesehatan Keyword PlayStore: Kuis Kesehatan Indonesia

1

LATAR BELAKANG Dengan smartphone yang hampir selalu ada dalam genggaman, orang melakukan nyaris segala hal dengan itu. Mulai dari membaca berita, update status di media sosial, bahkan sekarang pun belajar dapat dilakukan melalui ponselnya. Semua itu dilakukan melalui aplikasi mobile. Maka dari itu, bisnis mobile apps adalah bisnis yang sangat menjanjikan pada saat ini. Semakin bertambahnya fakultas yang mewadahi jurusan kesehatan di Indonesia, maka jumlah mahasiswa yang berkecimpung di dunia kesehatan akan semakin bertambah. Menurut data dari Pusdatin Iptek Dikti, jumlah total mahasiswa kesehatan pada tahun 2015 adalah sebanyak 844.301 atau sekitar 12,5% dari jumlah total mahasiswa. Sampai saat ini, kebanyakan mahasiswa belajar melalui buku ataupun slide yang didapat dari dosen setelah mengajar. Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone di kalangan mahasiswa, maka Kuis Kesehatan Indonesia bisa menjadi sarana pembelajaran alternatif. Kuis Kesehatan Indonesia menawarkan pembelajaran berdasarkan kasus sehingga dapat menguji pengetahuan hasil belajar dari teks dan juga menguji daya analisa. Dengan adanya Kuis Kesehatan Indonesia diharapkan dapat membantu mahasiswa yang berkecimpung di dunia kesehatan seperti mahasiswa kedokteran umum, kedokteran gigi, gizi, farmasi, keperawatan, dan kedokteran hewan untuk semakin giat belajar dimana saja dan kapan saja menggunakan smartphonenya.

2

DESKRIPSI PRODUK Tabel 1. Deskripsi Produk No Indikator Keterangan 1. Jenis Usaha Medico – Technopreneur (Jasa) 2. Produk Aplikasi Android 3. Merk Kuis Kesehatan Indonesia 4. Kekuatan Adanya fitur pembahasan soal, peringkat pengguna, statistik Utama pengguna, mengetahui statistik pengguna lain.. Usaha 5. Kelemahan Butuh dana besar untuk promosi aplikasi kepada seluruh Utama mahasiswa kesehatan Usaha Kuis Kesehatan Indonesia adalah sebuah aplikasi pembelajaran bagi mahasiswa yang berkecimpun di dunia kesehatan seperti kedokteran umum, kedokteran gigi, gizi, farmasi, keperawatan, dan kedokteran hewan melalui Android dan IOS. Pengguna dapat belajar di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia yang tersedia pada Play Store & App Store. Soal-soal yang ada pada Kuis Kesehatan Indonesia tidak hanya sebatas soal singkat saja, namun juga akan ada soal berdasarkan kasus seperti halnya soal yang keluar saat UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter), UKDGI (Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia), Uji Kompetensi Perawat dan Ners dan uji kompetensi keprofesian kesehatan lainnya. Sehingga pengguna tidak hanya dilatih kemampuan mengingatnya saja, namun juga akan dilatih kemampuan analisis masalahnya. Pembuatan aplikasi dikerjakan sendiri oleh penulis proposal yang kebetulan juga seorang programmer. Sedangkan soal-soal yang disajikan dalam aplikasi diambil dari beberapa buku uji kompetensi sebagai rujukan utama yang kemudian dilakukan proses ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) oleh tim Kuis Kesehatan Indonesia dan dari beberapa website penyedia jasa bimbingan uji kompetensi yang memberikan latihan soal gratis sebagai rujukan tambahan. Hingga saat ini sudah terdapat hampir 400 soal dan pembahasan dari berbagai jurusan di dalam aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia. Kuis Kesehatan Indonesia nantinya akan terbagi menjadi dua versi, yakni: a. Gratis Pada versi gratis akan diselipkan tiga jenis iklan, satu adalah iklan banner yang ada pada bagian atas halaman aplikasi. Satu iklan adalah berjenis interstitial. Pada iklan interstitial akan muncul pada setiap kali pengguna menjawab soal. Iklan yang ketiga adalah berjenis rewarded video. Muncul ketika pengguna sudah menjawab setiap 10 pertanyaan dalam sehari. Untuk melanjutkan menggunakan aplikasi pengguna harus menonton iklan 3

rewarded video terlebih dahulu. Nantinya akan ada penawaran bagi pengguna versi gratis untuk mengupgrade aplikasi mereka ke aplikasi berbayar hanya dengan Rp. 7.000 per bulan dan pengguna tidak akan diganggu oleh iklan banner, intestitial, maupun rewarded video. b. Premium Versi premium adalah versi gratis Kuis Kesehatan Indonesia namun bebas iklan, baik itu iklan banner, iklan interstitial, maupun iklan rewarded video sehingga pengguna dapat terus bermain dan belajar menggunakan Kuis Kesehatan Indonesia tanpa harus terganggu oleh adanya iklan. Harga yang ditawarkan pada versi premium hanyalah Rp 7.000 per bulan sehingga dengan harga yang murah ini diharapkan banyak pengguna beralih ke dalam versi premim untuk menghindari iklan. Saat ini di Indonesia cara untuk menambah saldo akun Play Store sudah semakin mudah. Diantaranya dapat melalui pembelian ATM, transfer pulsa, saldo pihak ketiga seperti Gojek & Tokopedia, hingga pengisian melalui minimarket seperti Indomaret. Dengan semakin bertambah mudahnya pengisian saldo Play Store maka akan semakin besar kemungkinan pengguna mau membeli aplikasi berbayar jika dirinya merasakan manfaat lebih dari aplikasi tersebut Inovasi Untuk membedakan Kuis Kesehatan Indonesia dengan aplikasi kuis pada umumnya, maka dibutuhkan banyak penambahan fitur. Berikut fitur-fitur yang ada di Kuis Kesehatan Indonesia Tampilan Menarik dan Hemat Memori Pengelompo kan Soal

Peringkat

Statistik Diri dan Teman

Pembahasan Soal

Gambar 2. Keunggulan Kuis Kesehatan Indonesia

4













Tampilan Menarik dan Hemat Memori Kuis Kesehatan Indonesia didesain dengan tampilan yang menarik, minimalis, sehingga mudah dalam penggunaannya dan minimal dari segi kapasitas penyimpanan aplikasi di smartphone. Pengelompokan Soal Dalam penggunaannya Kuis Kesehatan Indonesia akan menyediakan soal-soal terbagi ke dalam beberapa kategori spesialisasi dari masing-masing jurusan seperti kardiorespirasi, gastrointestinal, muskuloskeletal, urogenital, neuropsikiatri, penyakit infeksi, dan sebagainya. Tujuan pembagian kategori adalah untuk memudahkan pengguna dalam memilih soal-soal yang ingin mereka kerjakan. Pembahasan Soal Menjawab soal namun hanya mengetahui benar atau salah tentu akan membuat penggunanya bingung dan tidak terpuaskan. Dengan adanya pembahasan, tentunya pengguna dapat mengetahui mengapa jawaban mereka benar atau salah tanpa perlu melakukan cross check melalui buku ataupun internet. Selain itu adanya fitur pembahasan ini membuat pengguna yang sedang ingin belajar ataupun menghafal bisa fokus membaca pembahasan tanpa perlu menjawab soal. Tentunya pembahasan yang sudah bisa dilihat adalah bagi soal-soal yang sudah pernah dijawab sebelumnya. Statistika Statistik digunakan untuk mengetahui berapa banyak soal yang telah dijawab, berapa persentase benarnya, berapa lama waktu yang digunakan untuk menjawab satu soal, dan masih banyak lagi. Dengan adanya statistik ini diharapkan pengguna dapat mengetahui kemampuan dirinya sendiri dalam menyelesaikan soal. Peringkat Peringkat digunakan untuk mengetahui nilai tertinggi serta persentase tertinggi di antara pengguna aplikasi. Dengan adanya peringkat, diharapkan antar pengguna Kuis Kesehatan Indonesia dapat saling terpacu semangatnya, tidak hanya dalam menyelesaikan soal sebanyak-banyaknya, namun juga menjawab soal dengan sebaik-baiknya. Cari Teman Pengguna Kuis Kesehatan Indonesia dapat menambah teman sesama pengguna Kuis Kesehatan Indonesia jika sudah mengetahui user ID nya. Setelah teman berhasil ditambah, pengguna dapat melihat statistik pengguna tersebut. Diharapkan dengan dapat melihat statistik teman, maka antar pengguna dapat saling terpacu semangatnya.

5

Gambar 3. Tampilan dari Antarmuka Kuis Kesehatan Indonesia

6

ANALISIS KOMPETISI DAN PELUANG PASAR PRODUK Tabel 2. Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk No 1.

Indikator Daerah Pemasaran

2.

Pasar Sasaran

3.

Harga Jual

4.

Volume Penjualan per Bulan Sistem Penjualan dan Pembayaran

5.

6.

Saluran Distribusi

7.

Promosi

8.

Jumlah Pesaing Sejenis di Lingkungan Usaha

Keterangan Seluruh Indonesia melalui Google Play Store & Apple App Store Seluruh Mahasiswa Kesehatan se-Indonesia, mencakup kedokteran umum, kedokteran gigi, keperawatan, farmasi, gizi, dan kedokteran hewan. Gratis untuk versi gratis. Rp. 7.000/ bulan untuk versi premium. 2000 aplikasi gratis terunduh. 40 user berlangganan versi premium Penjualan melalui Google Play Store & Apple App Store Pembayaran bagi pengguna adalah dengan mengisi saldo Play Store melalui minimarket (Alfamart, Indomaret), ATM, ataupun transfer pulsa. Google Play Store & Apple App Store sebagai distributor utama. BlackMart, AppToko, dan Mobogenie, dan toko online lainnya sebagai distributor tambahan. Dilakukan pemberian gift code versi premium secara cuma-cuma bagi pengguna dengan point tertinggi setiap bulannya melalui fitur peringkat yang ada pada aplikasi. Aplikasi sejenis: Kedokteran umum = 5 aplikasi playstore o my Medicine Quiz o OneShot UKMPPD o Kuis UKDI o Ujian UKDI Kedokteran o DokPro - Soal UKMPPD Dokter Keperawatan = 5 aplikasi playstore o UKOM DIII Perawat o Ukom Perawat o UKOM Perawat Dan Ners 2018 o Uji Kompetensi Perawat Sedangkan untuk gizi, farmasi, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan masih belum ada aplikasi 7

sejenis. Untuk aplikasi IOS hanya dari kedokteran umum yakni OneShot UKMPPD. Untuk aplikasi yang menghimpun seluruh soal pada mahasiswa kesehatan masih belum ada. Dalam hal ini Kuis Kesehatan Indonesia masih memimpin pasar dengan jumlah unduhan mencapai 2000 unduhan dalam waktu 3 bulan.

Gambar 4. Contoh Kompetitor Kuis Kesehatan Indonesia

Peluang Pasar Produk Dengan masih sedikitnya kompetitor aplikasi Kuis Kesehatan ini, maka peluang usaha Kuis Kesehatan Indonesia untuk bersaing di dalam bisnis Kuis Kesehatan masih sangat tinggi. Apalagi jika ditinjau dari jumlah mahasiswa kesehatan se-Indonesia yang semakin hari semakin bertambah dikarenakan turut bertambahnya Fakultas yang mewadahi kesehatan di Indonesia. Menurut data dari Pusdatin Iptek Dikti, jumlah total mahasiswa kesehatan pada tahun 2015 adalah sebanyak 844.301 atau sekitar 12,5% dari jumlah total mahasiswa. Maka dari itu, peluang Kuis Kesehatan Indonesia untuk dipakai sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa kesehatan juga tinggi. Kuis Kesehatan Indonesia juga berpeluang besar digunakan bagi mahasiswa kesehatan yang akan menghadapi uji kompetensi profesi seperti UKMPPD atau

8

UKOM. Kebanyakan mahasiswa sampai saat ini belajar dari bimbingan tambahan dengan biaya yang cukup tinggi. Dengan adanya Kuis Kesehatan Indonesia, diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran alternatif bagi mahasiswa yang akan menghadapi uji kompetensi tersebut. Selain itu, karena sudah adanya penggolongan soal-soal maka Kuis Kesehatan Indonesia diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pelajaran tambahan oleh residen kedokteran umum yang sedang mangambil spesialis tertentu. Dalam menjalankan usaha ini sasaran pengguna Kuis Kesehatan Indonesia yaitu mencakup semua kalangan masyarakat yang mengguakan smartphone Andoid dan IOS pada umumnya serta mahasiswa kesehatan pada khususnya. Pengguna diharapkan dapat terdiri dari berbagai kalangan karena aplikasi yang ditawarkan pada dasarnya gratis.

9

ASPEK MEKANISME PRODUKSI PRODUK Tabel 3. Aspek Mekanisme Produksi Produk No Indikator Keterangan 1. Gambaran Lokasi Online melalui Google Play Store & Apple App Usaha Store 2. Proses Operasi/  Input Soal dan Pembahasan Produksi  Perancangan Tampilan Tatap Muka  Pembuatan Aplikasi dan Layanan Penyimpanan Online  Implementasi ID Iklan ke Dalam Aplikasi  Unggah Aplikasi ke Play Store, App Store, dan Toko Online Lainnya 3. Kapasitas Operasi / Setiap bulan direncanakan ada update untuk Bulan memperbaiki cacat program serta penambahan 100-200 soal dan pembahasan terbaru. 4. Tata Letak Operasi Dijelaskan pada paragraf di bawah 5. Teknologi  Microsoft Excel = Database soal  Corel Draw X7 = Desain grafis  App Inventor = Pembuatan aplikasi  Google Fusion Tables & Google SpreadSheet = Database online  AdMob = Sarana mendapatkan keuntungan melalui implementasi iklan dalam aplikasi  AdWords, AdSense = Penyedia jasa iklan online  Paid Promote Account = Penyedia jasa iklan di Instagram ataupun OA Line  Google Play Store = Distributor aplikasi utama  BlackMart, AppToko, dan Mobogenie = Distributor aplikasi tambahan

10

Berikut adalah alur dari produksi Kuis Kesehatan Indonesia 1 2 3 4 5

• Input Soal dan Pembahasan • Perancangan Tampilan Tatap Muka • Pembuatan Aplikasi dan Layanan Penyimpanan Online • Implementasi ID Iklan ke Dalam Aplikasi • Unggah Aplikasi ke Play Store dan Toko Online Lainnya Gambar 5. Alur Produksi Kuis Kesehatan Indonesia











Input Soal dan Pembahasan Pada produksi Kuis Kesehatan Indonesia menggunakan berbagai buku pembahasan uji kompetensi sebagai rujukan utama dan beberapa teks book sebagai rujukan tambahan. Soal dan pembahasan dikumpulkan kolektif dalam satu database yang teratur menggunakan Microsoft Excel. Perancangan Tampilan Tatap Muka Selanjutnya dilakukan perancangan desain grafis tatap muka (interface) dari aplikasi meliputi pembuatan tema, icon, halaman utama, halaman statistik, halaman peringkat, halaman soal, halaman pembahasan, dan lain sebagainya. Perancangan dilakukan menggunakan software CorelDraw X7. Pembuatan Aplikasi dan Layanan Penyimpanan Online Pembuatan aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia menggunakan Aplikasi AppInventor yang tersedia online dan gratis dalam penggunaanya. Selain itu untuk menyimpan data seperti nilai tertinggi, statistik setiap pengguna, dan informasi lainya dilakukan pada media penyimpanan Google Spreadsheet dan Google Fusion Tables yang dapat menampung ribuan entry dan gratis dalam penggunaannya. Implementasi ID Iklan ke Dalam Aplikasi Dengan adanya iklan, maka aplikasi gratis pun tetap dapat menghasilkan keuntungan bagi developernya. ID iklan AdMob dimasukkan pada aplikasi sehingga iklan dapat keluar dan tercatat sebagai pemasukan developer. Unggah Aplikasi ke Play Store dan Toko Online Lainnya Aplikasi siap untuk digunakan, media pemasaran utama adalah melalui Goole Play Store. Selain mengunggah aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia ke Play Store, penulis juga akan mengunggah aplikasi ke berbagai toko online gratis lainnya seperti BlackMart, AppToko, dan Mobogenie.

11

ASPEK RENCANA PEMASARAN PRODUK 











AdSense dan AdWords Promosi dengan menggunakan salah satu media partner terbaik dari Google ini memungkinkan pengiklan untuk mendapatkan jumlah download yang banyak dengan biaya yang murah dibandingkan dengan jasa penyedia iklan lainnya. Tujuan utama menggunakan jasa iklan ini adalah untuk meingkatkan jumlah klik ataupun mendapatkan feedback sebanyak-banyaknya sehingga Kuis Kesehatan Indonesia bisa mendapatkan nama pada search engine. Jadi dalam hal ini pemasangan iklan bisa berperan sebagai bagian optimasi Kuis Kesehatan Indonesia dalam proses Search Engine Optimazer sehingga nantinya dalam waktu singkat Kuis Kesehatan Indonesia pada Google Play Store pun bisa langsung dikenal dengan beberapa buah “keyword” saja. Pengenalan Keyword sangat berarti pada jumlah unduhan yang akan dilakukan. Promosi Melalui Paid Promote Kerjasama dengan BEM Fakultas yang mewadahi mahasiswa kesehatan ataupun akun sosial media kesehatan yang menerima jasa paid promote. Media paid promote sendiri bisa dilakukan pada Instagram ataupun dari Official Account Line dari masing-masing BEM ataupun Himpunan. Diharapkan jumlah unduhan yang ada setelah dilakukan paid promote meningkat drastis karena jasa iklan seperti ini benar-benar menyasar kepada pengguna utama aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia, yakni mahasiswa kesehatan. Pengembangan Produk Dengan adanya pengembangan produk, terutama dengan penambahan jumlah soal serta fitur yang ada pada Kuis Kesehatan Indonesia, diharapkan menambah loyalitas dari pengguna. Dengan terjaganya kualitas dari Kuis Kesehatan Indonesia, maka penguna aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia pun dapat terpuaskan. Dengan begitu besar kemungkinan pengguna untuk menyarankan aplikasi ini ke teman sejawatnya. Penjualan Melalui Toko Online Selain Google Play Masih banyak toko online selain Google Play yang menawarkan banyak aplikasi. Dengan semakin banyaknya penyebaran aplikasi di berbagai toko online, diharapkan Kuis Kesehatan Indonesia semakin di kenal di berbagai kalangan sehingga dapat menambah jumlah unduhan. Saat ini aplikasi Android sudah tersedia di PlayStore, dan kini Tim Kuis Kesehatan Indonesia sedang dalam tahap pengembangan aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia versi IOS. Link download PlayStore: http://bit.ly/KuisKesehatan Keyword PlayStore: Kuis Kesehatan Indonesia

12

ASPEK RENCANA ANGGARAN DAN KEUANGAN Alokasi Pengeluaran di Awal Tabel 4. Alokasi Pengeluaran di Awal Nama Barang/Jasa Harga Pemrograman aplikasi Rp. 0* Design aplikasi Rp. 0* Pendaftaran aplikasi di PlayStore Rp. 0** Pendaftaran aplikasi di App Store Rp. 1.500.000 / tahun Buku Latihan Soal Uji 12 x Rp. 200.000,00 = Kompetensi Dokter, Dokter Gigi, Rp. 2.400.000,00 Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kedokteran Hewan Buku materi penunjang 10 x Rp. 100.000 = Rp. 1.000.000 TOTAL Rp. 4.900.000,00 * dikerjakan sendiri oleh penulis ** aplikasi sudah jadi dan sudah dipasarkan di PlayStore

Alokasi Pengeluaran Perbulan Tabel 5. Alokasi Pengeluaran Perbulan Nama Barang/Jasa Iklan Adword dan Adsense

Harga Rp. 500.000,00 – Rp. 1.100.000 Paid Promote Badan Eksekutif Mahasiswa Kesehatan Rp. 100,000 – Rp. ataupun lembaga terkait dengan mahasiswa kesehatan. 700.000 TOTAL Rp. 600.000 – Rp. 1.800.000

Total dana yang dibutuhkan untuk beroperasi dalam satu tahun adalah: = Alokasi pengeluaran di awal + Alokasi pengeluaran per bulan hingga balik modal = Rp 4.900.000 + Rp 17.400.000 (perhitungan ada di laman selanjutnya) = Rp 22.300.000

13

Perkiraan Pendapatan & Alur Kas Keuntungan bisa didapat melalui 2 cara. Pertama adalah menggunakan iklan yang ada dalam aplikasi gratis. Iklan yang dipasang terdiri atas 3 jenis, yaitu iklan banner, interstitial, dan rewarded video. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan fitur premium dengan harga Rp 7.000 per bulannya. Saat ini Kuis Kesehatan Indonesia sudah beroperasi pada PlayStore dan telah mendapatkan keuntungan dari iklan sekitar Rp 50.000 – Rp 60.000 per bulannya. Berikut proyeksi alur kas Kuis Kesehatan Indonesia untuk 12 bulan. Tabel 6. Alur Kas Selama Setahun Bulan 1

Bulan 2

Pendapatan Iklan Subsription Total Pendapatan

Rp400.000 Rp280.000 Rp680.000

Rp600.000 Rp800.000 Rp1.000.000 Rp1.200.000 Rp350.000 Rp420.000 Rp490.000 Rp560.000 Rp950.000 Rp1.220.000 Rp1.490.000 Rp1.760.000

Pengeluaran Iklan Adwords & Adsense Paid Promote Total Pengeluaran

Rp500.000 Rp100.000 Rp600.000

Rp600.000 Rp700.000 Rp800.000 Rp900.000 Rp200.000 Rp300.000 Rp400.000 Rp500.000 Rp800.000 Rp1.000.000 Rp1.200.000 Rp1.400.000

Selisih Khas Saldo Akhir

Rp80.000 Rp80.000 Bulan 6

Rp150.000 Rp230.000 Bulan 7

Bulan 3

Rp220.000 Rp450.000 Bulan 8

Bulan 4

Bulan 5

Rp290.000 Rp360.000 Rp740.000 Rp1.100.000 Bulan 9

Bulan 10

Pendapatan Iklan Subsription Total Pendapatan

Rp1.400.000 Rp1.600.000 Rp1.800.000 Rp2.000.000 Rp2.200.000 Rp630.000 Rp700.000 Rp770.000 Rp840.000 Rp910.000 Rp2.030.000 Rp2.300.000 Rp2.570.000 Rp2.840.000 Rp3.110.000

Pengeluaran Iklan Adwords & Adsense Paid Promote Total Pengeluaran

Rp1.000.000 Rp1.100.000 Rp1.100.000 Rp1.100.000 Rp1.100.000 Rp600.000 Rp700.000 Rp700.000 Rp700.000 Rp700.000 Rp1.600.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000

Selisih Khas Saldo Akhir

Rp430.000 Rp500.000 Rp770.000 Rp1.040.000 Rp1.310.000 Rp1.530.000 Rp2.030.000 Rp2.800.000 Rp3.840.000 Rp5.150.000

14

Bulan 11 Pendapatan Iklan Subsription Total Pendapatan

Bulan 12

Rp2.400.000 Rp2.600.000 Rp980.000 Rp1.050.000 Rp3.380.000 Rp3.650.000

Pengeluaran Iklan Adwords & Adsense Paid Promote Total Pengeluaran

Rp1.100.000 Rp1.100.000 Rp700.000 Rp700.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000

Selisih Khas Saldo Kas Akhir

Rp1.580.000 Rp1.850.000 Rp6.730.000 Rp8.580.000

TOTAL Rp 18.000.000 Rp 7.980.000 Rp 25.980.000

Rp 11.100.000 Rp 6.300.000 Rp 17.400.000

Total dana yang dibutuhkan untuk beroperasi hingga balik modal (BEP): = Alokasi pengeluaran di awal + Alokasi pengeluaran per bulan hingga balik modal = Rp 4.900.000 + Rp 17.400.000 = Rp 22.300.000 Jadi dibutuhkan dana Rp 22.300.000 untuk jangka waktu 12 bulan agar Kuis Kesehatan Indonesia dapat balik modal dan akan memiliki pendapatan minimal sebesar Rp. 3.650.000 per bulannya.

Perhitungan BEP Fixed Cost (FC) = Total Biaya Tetap: Rp. 4.900.000 (Alokasi pengeluaran awal) Variabel Cost (VC) = Total Biaya Variabel per user Iklan AdWords dan AdSense mentargetkan CPC (Cost Per Click) = Rp 100 per user Price (P) = Harga jual barang per user 1 user dianggap dapat memberikan penghasilan iklan per bulan sebesar = Rp. 700 Penghitungan BEP Unit BEP = FC/ (P – VC) BEP = 4.900.000/ (700 – 100) BEP = 8.166 jumlah unduhan aplikasi (user)

15

Penghitungan BEP Penjualan BEP = FC/ (1 – (VC/P)) BEP = 4.900.000/ (1-(100/700)) BEP = Rp 5.716.000 Maka Kuis Kesehatan Indonesia harus memperoleh keuntungan sebesar Rp 5.716.000 dengan total unduhan/jumlah user yang memainkan Kuis Kesehatan Indonesia sebanyak 8.166 untuk mencapai BEP

Target Laba Berikut merupakan perhitungan target laba dari Kuis Kesehatan Indonesia: BEP – Laba = (FC + Target Laba) / (P – VC) BEP – Laba = (4.900.000 + 1.000.000) / (700 – 100) BEP – Laba = 5.900.000/600 BEP – Laba = 9.833 user atau BEP – Laba = Rp 6.833.000 (didapat dari 9.833 user x Rp 700) Berdasarkan perhitungan di atas, maka Kuis Kesehatan Indonesia dapat memiliki laba sebesar Rp 6.833.000 dengan minimal jumlah unduhan sebanyak 9.833 unduhan.

16

ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA Tabel 7. Aspek Sumber Daya Manusia No Indikator Keterangan 1. Struktur Organisasi  Ketua = Haris Alwafi  Anggota = Ammar Afdhaluddin & Cici Melati 2. Spesifikasi Jabatan Ketua  Memastikan kualitas produksi dari aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia tetap terjaga. Anggota  Turut membantu ketua dalam hal produksi Kuis Kesehatan Indonesia. 3. Uraian Tugas Disampaikan di bagan bawah Pengelolaan sumber daya manusia merupakan hal yang harus dilakukan demi kelangsungan produksi dan perawatan (maintenance) Kuis Kesehatan Indonesia di kemudian hari, sehingga kualitas dari Kuis Kesehatan Indonesia ini akan tetap terjaga dalam setiap updatenya. Tahap-tahap pengembangan sumber daya tersebut antara lain:  Seleksi Sumber Daya Manusia Pembuatan Kuis Kesehatan Indonesia membutuhkan setidaknya 3 orang, dan dalam hal ini semua penulis mendapatkan tugas yang sempurna sesuai keahlian dan minatnya masing-masing.

Writer Soal dan Pembahasan • Mengetik soalsoal yang telah disepakati untuk muncul dalam aplikasi dan menghimpunnya dalam satu database. • Dikerjakan oleh Cici Melati

Desainer Interface Aplikasi • Mendesain seluruh tatap muka yang ada pada aplikasi • Dikerjakan oleh Ammar Afdhaluddin

Programmer Aplikasi • Membuat aplikasi secara keseluruhan serta maintenance aplikasi. • Dikerjakan oleh Haris Alwafi

Gambar 6. Uraian Tugas Dalam Produksi Kuis Kesehatan Indonesia

17



Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam hal ini masing-masing penulis sudah menuangkan minatnya dan sudah memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran yang sama mengenai pembuatan aplikasi ini. Untuk menambah kemampuan, tentunya masing-masing penulis akan sering bertemu untuk mengembangkan skillnya sesuai dengan penugasannya saat ini. Writer akan diarahkan untuk selalu sigap dan cepat dalam membuat soal-soal yang keluar dari masing-masing jurusan pada Kuis Kesehatan Indonesia. Desainer diarahkan untuk selalu update terhadap desain kekinian yang sedang trend, sehingga aplikasi tetap mengikuti perkembangan zaman. Programmer diarahkan untuk selalu memiliki pandangan terhadap fitur-fitur yang mungkin sangat berguna pada aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia di kemudian hari. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia dengan yang lainnya.

18

JADWAL KEGIATAN Tabel 8. Jadwal Kegiatan Bulan N o.

Kegiatan

1

Penyempurnaan Android

2

Penambahan jumlah soal & pembahasan

3

Pemasaran menggunakan iklan online & paid promote

4

Pembuatan aplikasi IOS

5

Laporan keuangan

6

Perbaikan bug android & penyempurnaan aplikasi IOS

7

Penambahan jumlah soal & pembahasan

8

Perbaikan bug rutin aplikasi android & IOS

1 2 3 4 5 6 7 8 9 aplikasi

19

1 0

1 1

1 2

PENUTUP DAN KESIMPULAN Penutup Sebagai wirausahawan yang baik, penulis tidak akan membiarkan Kuis Kesehatan Indonesia ini berjalan secara mendatar. Penulis akan terus mencoba menambah fitur yang ada pada aplikasi, terutama dalam hal jumlah soal dan pembahasan yang disediakan. Tujuannya agar membuat pengguna Kuis Kesehatan Indonesia puas akan aplikasinya dan jika kualitas Kuis Kesehatan Indonesia sudah terbukti baik di kalangan pengguna, besar kemungkinan proses pemasaran dapat dilakukan dari mulut ke mulut oleh pengguna yang terpuaskan Kesimpulan Menurut penulis usaha aplikasi Kuis Kesehatan Indonesia ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Penulis sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan dan minat mereka memang sesuai dengan posisi yang sedang diembannya saat ini. Penulis sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi penulis akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

20

FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA PMW 1. Judul Kegiatan Wirausaha 2. Jenis Kegiatan Wirausaha 3. Kegiatan Wirausaha 4. Jumlah Peserta dalam Kelompok 5. Jumlah Dana Sumber Dana Pendamping

: Kuis Kesehatan Indonesia : Jasa : Pengembangan :3 : Rp. 24.000.000 : 1. Tabungan 2. Orang Tua

6. Ketua Pelaksana a. Nama : Haris Alwafi b. NIM/semester/SKS : 22010115130226/ 6/ 111 c. Fakultas/Program Studi: Kedokteran/Kedokteran d. Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing B no 4, Tembalang/ 085668211567/ [email protected] 7. Jumlah Anggota :2 1. Nama : Ammar Afdhaluddin NIM.semester/sks : 22010115130227/ 6/ 111 Fakultas/Program Studi : Kedokteran/ Kedokteran Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing no 7, Tembalang/ 082136345338/ [email protected] 2. Nama : Cici Melati Nur Khanifa NIM.semester/sks : 22020115140065/ 6/ 111 Fakultas/Program Studi : Kedokteran/ Keperawatan Alamat /Telp/Email : Jl Jurangbelimbing no 7, Tembalang/ 085728034117/ [email protected] Dengan ini kami menyatakan ikut sebagai peserta Program Wirausaha Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2018 Semarang, 5 April 2018 Yang menyatakan,

1. Nama : Haris Alwafi NIM : 22010115130226 2. Nama : Ammar Afdhaluddin NIM : 22010115130227 3. Nama : Cici Melati Nur Khanifa NIM : 22020115140065

21

1. 2. 3.

PERNYATAAN KESANGGUPAN Yang bertanda tangan di bawah ini kami : No Nama Fakultas/ NIM Prodi 1. Haris Kedokteran/ 22010115130226 Alwadi Kedokteran 2. Ammar Kedokteran/ 22010115130227 Afdhaluddin Kedokteran 3.

Cici Melati Kedokteran/ Nur Khanifa Keperawata n

22020115140065

Alamat Jl. Jurang belimbing B no 4, Tembalang Jl. Jurang belimbing RT 3, RW 4 no. 7, Tembalang Jl. Pringgading II No.1 Perum. Bukit Pring Kurung

Dengan ini kami menyampaikan pernyataan sebagai berikut : 1. Sanggup mengikuti kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha mulai dari Pelatihan/Workshop, Magang sampai dengan Pelaksanaan Kegiatan Bisnis secara keseluruhan, karena pengunduran diri di tengah kegiatan akan menutup kesempatan mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan ini. 2. Bersedia mematuhi semua ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha 3. Pernyataan ini kami buat dengan penuh kesadaran

Semarang, 5 April 2018 Yang membuat pernyataan,

1. Nama : Haris Alwafi NIM : 22010115130226

1.

2. Nama : Ammar Afdhaluddin NIM : 22010115130227

2.

3. Nama : Cici Melati Nur Khanifa NIM : 22020115140065

22

3.

Related Documents

Kuis
May 2020 38
Kuis Berhadiah.docx
June 2020 44
Kuis Sia.docx
December 2019 46
Kuis Bing
August 2019 43

More Documents from "Dini Aulia Zahro"

Janahidam - 10
April 2020 24
Admitcard_190310609293.pdf
October 2019 52
Thejas Calicut 05.03.09
December 2019 41
Tour
November 2019 54