365165762-makalah-penilaian-saham.docx

  • Uploaded by: Khalid Rasyidy
  • 0
  • 0
  • April 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 365165762-makalah-penilaian-saham.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 326
  • Pages: 2
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market). Saham merupakan bukti kepemilikan. Seseorang yang mempunyai saham suatu perusahaan berarti dia memiliki perusahaan tersebut. Pemegang saham berhak atas dividen,jika dividen tersebut dibayarkan. Sama seperti pada penilaian obligasi, penilaian saham juga di dasarkan atas present value aliran kas yang akan diterima oleh pemegang saham di masa mendatang. Karena pemegang saham akan menerima dividen dan capital gain (loss), maka aliran kas yang relevan untuk pemegang saham adalah dividen dan capital gain. Capital gain(loss) adalah selisih antara harga jual dengan harga beli.Dalam praktiknya, saham biasa lebih sulit untuk ditentukan nilainya dibandingkan dengan harga obligasi setidaknya karena tiga alasan berikut. Pertama, pada saham biasa, aruskas yang dijanjikan tidak diketahui saat saham hendak dibeli. Kedua, umur investasi saham biasa pada intinya berlangsung selamanya karena saham biasa tidak memiliki jatuh tempo.Ketiga, tidak ada cara mudah untuk mengetahui tingkat imbal hasil hasil yang diharapkan oleh pasar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menilai suatu saham dan masih diperdebatkan sampai saat ini adalah bagaimana cara mengestimasi fair value (nilai wajarnya) dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar dapat menyesuaikan dengan nilai wajar tersebut. Dengan kata lain, penilaian saham berguna untuk mencari harga wajar suatu saham. Kemudian harga wajar saham digunakan oleh investor untuk melakukan strategi investasi dalam mengantisipasi resiko atau isuisu yang akan dihadapi.

1.2 Rumusan Masalah 1. Apa yang dimaksud dengan saham ? 2. Bagaimana konsep dari saham tersebut ? 3. Apa saja jenis penilaian saham ? 1.3 Tujuan 1. Untuk megetahui apa yang dimaksud dengan saham. 2. Untuk mengetahui bagaimana konsep dari saham. 3. Untuk mengetahui apa saja jenis penilaian saham.

More Documents from "Khalid Rasyidy"