3.1.2.1. Program Peningkatan Mutu Sidamulya.docx

  • Uploaded by: Rendy Prima Nugraha
  • 0
  • 0
  • April 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 3.1.2.1. Program Peningkatan Mutu Sidamulya.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 1,684
  • Pages: 8
PROGRAM PENINGKATAN MUTU UPT PUSKESMAS ABCD A. PENDAHULUAN Pelayanan kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang mengandungresiko karena menyangkut keselamatan tubuh dan nyawa seseorang. Perkembangan ilmu pengetahuan, metode pengobatan dan penemuan alat kedokteran canggih selain memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat pada kenyataanya tidak mampu menghilangkan resiko terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan, baik timbulnya komplikasi, kecatatan maupun pasien meninggal dunia. Pelayanan

yang

berkualitas

merupakan

cerminan

dari

sebuah

proses

yang

berkesinambungan dengan berorientasi pada hasil yang memuaskan.dalam perkembangan masyarakat yang semakin kritis, mutu pelayanan puskesmas tidak hanya disoroti dari aspek klinis medisnya saja namun juga dari aspek keselamatan pasien dan aspek pemberi pelayananya, karena muara dari pelayanan puskesmas adalah pelayanan jasa. Oleh karena itu puskesmas perlu menyusun suatu program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap pasien,agar kejadian tidak diharapkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. Dengan meningkatnyakeselamatan pasien, diharapkan dapat mengurangi terjadinya kejadian tidak diharapkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan puskesmas kembali meningkat. Program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang ideal perlu menetapkan struktur (input) dari kegiatan klinis dan managemen, termasuk kerangka untuk memperbaiki proses kegiatan klinis dan amnageme, serta indikator output yang digunakan untuk monitoring dan evaluasi. Lebih lanjut program tersebut perlu menekankan bahwa perencanaan, perancangan, monitor, analisis dan perbaikan proses klinik serta managemen harus dikelola dengan baikdengan sifat kepemimpinan yang jelas agar tercapai hasil maksimal. Peningkatan mutu adalah program yang disusun secara objektif dan sistematis untuk memantau dan menilai mutu serta kewajaran asuhan terhadap pasien, menggunakan peluang untuk meningkatkan asuhan pasien dan memecahkan masalah masalah yang terungkap.

B. LATAR BELAKANG Meningkatnya pendidikan dan sosial ekonim,i masyarakat menuntut perubahan pelayanan kesehatan yang lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu. Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan maka fungsi pelayanan maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk palayanan dalam puskesmas secara bertahap perlu terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif, efisien serta memberikan kepuasan terhadap pasien, keluarga maupun masyarakat denbgan tetap mengedepankan keselamatan pasien. Guna mencapai hal itu, upt puskesmas ABCD telah mencanangkan serta melaksanakan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien untuk seluruh staf serta penilaian terhadap indikator-indikator pelayanan yang ada di puskesmas.

C. TUJUAN a. Tujuan Umum Tercipta dan terjaminnya mutu pelayanan kesehatan prima dan keselamatan pasien yang berorientasi pada mutu paripurna ( Total Quality Management ) dan peningkatan b. Tujuan Khusus Tujuan secara rinci yang merupakan penjabaran dari tujuan umum adalah sebagai berikut: 1. Terjaminnya Mutu Pelayanan melalui indikator Mutu puskesmas yang telah diterapkan. 2. Terciptanya budaya melayani yang berorientasi pada keselamatan pasien di puskesmas 3. Terjaminnya kepastian Pelayanan yang aman berorientasi pada pasien, pelanggan dan masyarakat di puskesmas 4. Menurunya kejadian tidak diharapkan ( KTD ) di Puskesmas 5. Terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian tidak diharapkan. D. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN a. Kegiatan Pokok 1. Upaya peningkatan mutu pelayanan Pengukuran mutu pelayanan kesehatan di puskesmas sudah diawali dengan penilaian nakreditasi puskesmas yang menguur dan memecahkan amsalah pada tingkat input dan proses. Puskesmas dipacu untuk dapat menilai diri (self Assesment) dan memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 2. Managemen resiko klinis Puskesmas menyusun pengorganisasian dalam membentuk Tim Mutu untuk mengembangkan program managemen resiko dan keselamatan pasien. Keselamatan pasien adalah hak setiap pasien yang mempercayakan asuhan mereka kepada lembaga pelayanan kesehatan dimana asuhan yang aman tersebutb adalah suatu keharusan. Keselamatan pasien puskesmas merupakan suatu sistem dimana puskesmas membuat asuhan pasien lebih aman. Hal ini termasuk assesmen resiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko. Sistem ini mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahmelaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

b. Rincian Kegiatan Secara rinci kegiatan upaya peningkatan mutu dan keselamatan di UPT Puskesmas ABCD dapat dijabarkan sebagai berikut. 1. Upaya peningkatan mutu pelayanan

a. Penetapan program prioritas kegiatan yang akan dievaluasi, terdiri dari indikator area klinis, Indikator area Manajerial, dan indikator sasaran Keselamatan Pasien b. Diklat PMKP c. Standarisasi proses asuhan klinis d. Pengukuran mutu. 2. Manajemen risiko klinis a. Menerapkan manajemen risiko klinis (pelaksanaan keselamatan pasien) b. Melaporkan dan analisis data insiden keselamatan pasien c. Mengupayakan terlaksananya Root Cause Analysis (RCA) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) d. Koordinasi kegiatan dengan peningkatan mutu

E. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Untuk melaksanakan kegiatan pokok dan rincian kegiatan diatas menggunakan metode sebagai berikut : a. Membentuk Tim Mutu Puskesmas b. Kepala Puskesmas dan Penanggung Jawab Mutu menentukan indikator mutu yang menjadi prioritas dan menentukan area yang akan dijadikan prioritas, terdiri dari : Indikator Area Klinis, Indikator Area Manajerial, dan Indikator Sasaran Keselamatan Pasien c. Mensosialisasikan indikator mutu yang telah ditentukan d. Menentukan matriks grading resiko yang mungkin terjadi di setiap unit e. Melakukan diklat internal atau eksternal tentang Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien . f.

Melakukan pertemuan rutin tim peningkatan mutu dan keselamatan pasien

g. Mengadakan Rapat rutin setiap 1 bulan sekali dan rapat insidentil apabila dibutuhkan antara Tim Mutu dan Keselamatan Puskesmas dengan kepala Puskesmas h. Melaksanakan Audit terhadap kejadian yang terjadi maupun belum terjadi terhadap pelaksanaan program Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. i.

Melaksanakan Analisa Evaluasi dan rekomendasi tindak lanjut dari program yang telah ditetapkan kepada Kepala Puskesmas secara berkala.

F.

SASARAN Guna mencapai tujuan dari program, ditetapkan target pertahun yang spesifik dan terukur sehingga menunjukan hasil yang optimal. Penjabaran sasaran dari program upaya peningkatan mutu dan keselamatan di UPT Puskesmas ABCD adalah sebagai berikut: 1. Tekumpulnya adta indikator mutu yang erdiri dari area manajerial, area klinis, keselamatan pasien dan mutu unit kerja. 2. Tercapainya pencatatan dan pelaporan indikator mutu minimal 50% setiap bulan 3. Terlaksananya pertemuan rutin Tim Mutu minimal 1kali perbulan 4. Terlaksananya pertemuan rutin antara Tim Mutu dengan pimpinan minimal 1 bulan sekali 5. Terlaksananya audit internal 2kali per tahun 6. Terlaksananya pendidikan dan pelatihan terkait dengan peningkatan mutu dan keselamatan pasien minimal 2 kali per tahun.

7. Terlaksananya monitoring dan evaluasi terhadap program PMKP setiap 6 bulan sekali. 8. Terlaksanya rapat tinjauan manjemen yang dipimin oleh ketua tim mutu minimal 2 kali per tahun. G. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN Perencanaan waktu untuk melaksanakan langkah-langkah kegiatan program tahunan dapat dibuat time table sebagai berikut:

NO

KEGIATAN

2018 (ISI DENGAN MINGGU KE-)

PENANGGUNG JAWAB 1

1

2

3

4

5

6

7

8

Pembentukan tim perencana tingkat puskesmas Lokakarya untuk memperoleh masukan dari lintas sector dan masyarakat Lokakarya penyusunan indicator kinerja Puskesmas (indikator manajerial, indikator UKM, dan indikator UKP) Masing-masing unit pelayanan melakukan analisis kinerja pencapaian pelayanan (3 tahun terakhir) Penyusunan rencana tahunan kegiatan tiaptiap upaya (UKM dan UKP) berdasar DIPA dan RUK yang disusun tahun lalu untuk tahun ini Kesepakatan dengan masyarakat tentang jadual kegiatan untuk tiap-tiap upaya Rapat tiap unit kerja (UKM dan UKP) untuk menyusun rencana usulan kegiatan (RUK) tahun 2016 dan usulan untuk rencana lima tahunan Lokakarya penyusun rencana lima tahunan puskesmas 2016 sd 2020 (termasuk di dalamnya

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

penyusunan/revisi visi dan misi)

9

Lokakarya peningkatan mutu puskesmas dan keselamatan pasien (termasuk didalamnya pembentukan tim mutu puskesmas dan keselamatan pasien, perumusan bersama nilai-nilai budaya)

10

Penyusunan peraturan internal puskesmas

11

12

13

14

15

16

17

18 19

20

21 22

Penunjukan Penanggung jawab mutu dan pembentukan tim mutu puskesmas dan keselamatan pasien Penyusunan kebijakan mutu Penyusunan rencana program mutu puskesmas dan keselamatan pasien Lokakarya penyusunan rencana usulan kegiatan tahun 2016 Revisi rencana pelaksanaan kegiatan 2015 (bila perlu) Sosialisasi kegiatan puskesmas kepada lintas sector dan masyarakat Mengidentifikasi kebijakan, pedoman, kerangka acuan, dan SOP yang perlu disusun Penyusunan dokumen yang dipersyaratkan Pengumpulan data kinerja bulanan oleh tiap-tiap unit Pertemuan bulanan tiap-tiap unit kerja untuk membahas pencapaian kinerja Mini Lokakarya bulanan puskesmas Pertemuan evaluasi kinerja tahunan di tingkat puskesmas

23

24

25

26 27 28

29

30 31 32 33 34 35 36

37

38

39 40 41 42

Penghitungan kebutuhan SDM Puskesmas dan penyusunan pola ketenagaan Orientasi karyawan baru (jika ada) Penilaian kinerja karyawan oleh masingmasing penanggung jawab pelayanan Pendidikan dan pelatihan SDM Kajian tahunan terhadap struktur organisasi SMD dan MMD di desa/kelurahan Penilaian kinerja penanggung jawab pelayanan (UKM maupun UKP) oleh Kepala Puskesmas Minilokarya lintas sektoral Kajian risiko lingkungan Tindak lanjut terhadap kajian risiko lingkungn Evaluasi terhadap tindak lanjut risiko lingkungan Audit kinerja keuangan oleh kepala Puskesmas Evaluasi kinerja pihak ketiga Penyusunan jadual pemeliharaan sarana dan alat Pelaksanaan pemeliharaan sarana dan alat sesuai jadual Pelaksanaan program mutu puskesmas dan keselamatan pasien (sesuai dengan rencana program yang disusun) Pembentukan tim audit internal Penyusunan rencana audit internal (oleh tim audit internal) Kegiatan

43

44

45 46

47

48

49

50

51

52 53 54

55

56 57 58 59

Pelaksanaan audit internal Tindak lanjut hasil audit internal (oleh masingmasing unit yang diaudit) Pertemuan tinjauan manajemen Tindak lanjut hasil pertemuan tinjauan manajemen Survei kebutuhan masyarakat dan kepuasan masyarakat thd pelayanan puskesmas (termasuk evaluasi thd akses pelayanan maupaun akses thd informasi Kajibanding kinerja dengan puskesmas lain Tindak lanjut thd hasil kajibanding kinerja oleh masing-masing unit kerja Kajian uraian tugas karyawan untuk tiaptiap upaya Penataan system pelayanan pasien rawat jalan Penataan system pelayanan rawat inap (jika ada) Penataan system pelayanan obat Penataan system pelayanan laboratorium Penataan system pelayanan radiodiagnostik (jika ada) Penataan system pelayanan rekam medic Penyusunan rencana program keamanan fasilitas Pelaksanaan program keamanan fasilitas Penyusunan program penanggulangan bencana dan kebakaran

60 61

62

63

64

65 66

Pelaksanaan program penanggulangan bencana dan kebakaran Penyusunan disaster plan dan fire plan Penyusunan rencana program pengelolaan bahan berbahaya beracun dan limbah Pelaksanaan program pengelolaan bahan berbahaya beracuan dan limbah Penyusunan rencana program pemeliharaan alat medis Pelaksanaan program pemeliharaan alat medis Penilaian kinerja sdm klinis

H. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN Evaluasi pelaksanaan Kegiatan Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di UPT Puskesmas Gegsik dilaksanakan setiap 6 bulan sekali pada bulan Juni, dan Desember setiap tahunnya. Evaluasi pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim Mutu dan Kepala Puskesmas UPT Puskesmas ABCD. Pelaporan pelaksanaan kegiatan dibuat oleh Tim Mutu setiap 6 bulan sekali dan disampaikan oleh Ketua Tim Mutu kepada Kepala Puskesmas. I.

PENCATATAN, PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Pencatatan Kegiatan dilakukan setiap bulan oleh koordinator setiap unit dan dikumpulkan di setiap Penanggung jawab, kemudian dilaporkan kepada Tim Mutu UPT Puskesmas ABCD untuk dilakukan analisa dan evaluasi program.

Mengetahui,

ABCD, April 2017

Kepala UPT Puskesmas ABCD

Ketua Tim Mutu

INDAH AMAT

INDAH SEKALI

Related Documents


More Documents from "Rosi Wulandari"