2009 March Malang Kompas Peraturan Desa Lindungi Mata Air

  • Uploaded by: Environmental Services Program
  • 0
  • 0
  • May 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 2009 March Malang Kompas Peraturan Desa Lindungi Mata Air as PDF for free.

More details

  • Words: 280
  • Pages: 1
1. N G Denis Media Nama Media

JuduJ Berita

Q Surat Kabar

KLIPPING

0 Majalah

KOMPAS,

QTabloid

Q ................ ..... Halaman; / I

Hari/tanggal

'FEr4uran 'pt5o. Urdn1 it }C Q r

Ukuran Photo/

Ukuran artikel

Visual lainnya

PERATURAN DESA

Lindungi Mata Air MAL:ANG, KONIPAS - Untuk melindungi mata air di daerahnya agar tidak tercemar, warp Dusun Bendrong. Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, membuat peraturan desa perlindungan mata air. Peraturan tersebut sudab berjalan selama enam bulan. Pelanggarnya akan dikenai sanksi.

"Isi perdes (peraturan desa) tersebut adalah kewajiban masyarakat melestarikan mats air dan daerah sekitarnya. Tujuannya, mata air tidak tercemar dan rusak. Kalau ada yang melanggar, si pelanggar akan dikenai sanksi," tutur Slamet Daroini. warga setempat, akhir pekan lalu di Malang. Menurut Slamet, dasar pembuatan perdes tersebut adalah penemuan banyak persoalan sanitasi yang mencemari lingkungan. "Bahkan, dahulu ada kotoran manusia rnasuk ke penampungan atau bak air warga. Ini jelas menunjukkan sumber air tercemar. Kalau tidak ditangani, hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan warga," tutur Slamet.

Bentuk pealts tersebut, menurut Supriyr.di, kepala urusan umum di dc'a tersebut, adalah aturan tertulis yang disahkan pemerintah daerah. Perdes berisi larangan mencemari atau merusak mat ❑ air hingga 200 meter (m) sekitarnya, misalnya larangan buan,; air besar di mata air dan meneh:,ng pohon di sekitarnya. Pelanggar a ran, misalnya penebang pohon. akan dikenai sanksi mengganti pohon yang ditebang dan membayar denda ftp 500.000 per om ng. "Dengan aturan ini, setidaknya warga akan turut melestarika ❑ mats air dan pepohonan di sekitarnya agar tidak lagi terjadi bentana seperti sebeIumnya;' tutur supriyadi. Bencana dimaksud adalah tanah longsor hebat pada akhir Februari 2008, yang mcnvebabkan rusaknya infrastruk^,ir dam pertanian desa serta men,:;iianyutkan pipapipasaluran air.;IA)

SENIN, 16 MARET 2009

Related Documents


More Documents from "Anonymous HWUmbXWn"