5.4.1.4. Kerangka Acuan .docx

  • Uploaded by: puskesmas kembang
  • 0
  • 0
  • April 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 5.4.1.4. Kerangka Acuan .docx as PDF for free.

More details

  • Words: 684
  • Pages: 3
KERANGKA ACUAN KOMUNIKASI DAN KOORDINASI LINTAS PROGRAM DAN LINTAS SEKTORAL PUSKESMAS KELING II A.

Pendahuluan Sasaran dari pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan melalui peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan kesehatan yang semakain menjangkau seluruh masyarakat . Untuk mewujudkan hal tersebut dalam pengelolaan dan pelaksanaan Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Keling II perlu diupayakan adanya suatu kerjasama yang baik antara yang dilakukan secara intenal (lintas program) maupun secara ekstenal (lintas sektoral). Pertemuan lintas sektor merupakan pangkal awal dari melaksanakan perencanaan pembinaan secara terpadu di masyarakat dengan mengedepankan skala prioritas . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya saling pengertian dan keterbukaan diantara komponen terkait. Untuk menggalang kerjasama lintas sektor terutama dalam membina peran serta aktif masyarakat maka perlu koordinasi antara sektor yang bersangkutan

B.

Latar Belakang Prinsip kerjasama, saling terbuka,

percaya,

jujur dan saling

menguntungkan

melalui

penyamaan persepsi, pengaturan komunikasi yang efektif, koordinasi dan pembentukan komitmen akan menentukan keberhasilan kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat. Kerja sama lintas program merupakan kerja sama yang dilakukan di lingkup Puskesmas antara beberapa program dalam bidang yang sama untuk mencapai tujuan yang sama. Sedangkan kerjasama lintas sektoral melibatkan dinas dan orang-orang di luar sektor kesehatan yang berpengaruh secara langsung atau tidak langsung terhadap pelaksanaan kegiatan kesehatan. Kerja sama lintas program dan lintas sektor mempunyai peran yang penting dalam keberhasilan program-program Upaya Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Keling II.

C.

Tujuan 1.

Tujuan Umum Mengetahui peran masing-masing program dan sektor yang saling mendukung untuk membina peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

2.

Tujuan Khusus a.

Terciptanya kerja sama yang baik antar penanggung jawab program.

b.

Menentukan pembagian tugas yang terpadu antar penanggung jawab program.

c.

Menjalin kerja sama lintas sektor dalam rangka peningkatan peran seta masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan secara lebih baik.

d.

Saling mendukung untuk melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan. 1

D.

Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan A. Penyelenggaraan oleh Pokja Program 1. Menentukan materi/masalah yang akan dibahas 2. Menetukan program lain/lintas sektoral yang akan diundang 3. Mengundang Program/Lintas Sektor 4. Membuka pertemuan 5. Membahas materi/permasalahan 6. Memberikan kesempatan peseta lain untuk berperan aktif 7. Memimpin kesepakatan bersama 8. Membaca notulen 9. Menutup pertemuan 10. Melapor kepada Kepala Puskesmas 11. Melaksanakan Rekomendasi/Tindak Lanjut

B. Penyelenggaraan oleh Pokja Lain/Lintas Sektoral Lain 1. Menerima undangan dari Pokja lain atau Lintas Sektor 2. Menentukan siapa yang akan mewakili pertemuan 3. Menyiapkan materi 4. Menghadiri pertemuan 5. Menyampaikan hal-hal yang tekait pembahasan pertemuan 6. Melapor kepada Penanggungjawab Pokja atau Kepala Puskesmas 7. Pembagian tugas hasil pertemuan 8. Melaksanakan rekomendasi/tindak lanjut

E.

F.

Cara Melaksanakan Kegiatan dan Sasaran 1.

Pertemuan antar Program

2.

Pertemuan lokakarya mini Puskesmas

3.

Menghadiri pertemuan dari Pokja lain

4.

Pertemuan Lintas Sektor

5.

Menghadiri pertemuan lintas sektor

Sasaran 1.

Pelaksana program KIA-KB, P2P, gizi, kesling, promkes

2.

Pokja Upaya Kesehatan Perorangan dan Pokja Admen

3.

Lintas sektor terkait yaitu Desa Keling, Desa Gelang, Desa Kunir, Desa Tunahan, Desa Bumiharjo, Desa Kaligarang, Kecamatan, Dikpora, DKK, Polres, Koramil dll.

2

G.

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Bulan No 1

Kegiatan

Pertemuan

1

Tempat

2

3

4

5

6

7

8

9

10 11 12

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √

Puskesmas





Pelaksana Penanggung jawab dan Pelaksana

lintas program Puskesmas 2

Pertemuan

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √

Puskesmas





Seluruh

staf

puskesmas

lokakaryamini puskesmas 3

H.

Pertemuan



Puskesmas





Kepala

lokakaryamini

Puskesmas/Kasubag

lintas sektor

TU

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Dan Pelaporan Evaluasi pelaksanaan pertemuan lintas program dilakukan setiap bulan sesuai dengan hasil-hasil yang dicapai pada bulan tersebut. Evaluasi pelaksanaan kegiatan lintas sektor dilakukan setiap 4 bulan sekali.

I.

Pelaksana Kegiatan Pelaksana pertemuan

Lintas Program yaitu Pokja Admen, Pokja Upaya Kesehatan

Perorangan (UKP) dan Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang terdiri dari Pelaksana Program KIA-KB, Pelaksana Program Gizi, Pelaksana Program P2P, Pelaksana Program Promosi Kesehatan dan Pelaksana Program Kesehatan Lingkungan. Sedangkan pelaksana pertemuan Lintas sektor terkait yaitu Kepala Puskesmas dan Kasubag Tata Usaha.

J.

Pencatatan, Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Pencatatan dan pelaporan dengan mencatat hasil pertemuan lintas program maupun lintas sektor dalam Notulen Rapat dan dilaporkan kepada Kepala Puskesmas dan dicatat dalam buku konsultasi untuk mendapatkan rekomendasi dan tindak lanjut pertemuan dari Kepala Puskesmas.

3

Related Documents


More Documents from "Krismawati Virgo"