192051523-bab-vi-kesimpulan-dan-saran-laporan-akhir-bundel-laporan-ventilasi-laporan-akhir-ventilasi-ventilasi-tambang-tambang-ventilasi-akhir-laporan-pr.doc

  • Uploaded by: Fokku Jowy
  • 0
  • 0
  • October 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 192051523-bab-vi-kesimpulan-dan-saran-laporan-akhir-bundel-laporan-ventilasi-laporan-akhir-ventilasi-ventilasi-tambang-tambang-ventilasi-akhir-laporan-pr.doc as PDF for free.

More details

  • Words: 374
  • Pages: 2
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

6.1

Kesimpulan Dari hasil Praktikum Ventilasi Tambang yang dilakukan di Laboratorium

Tambang, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1.

Pengaturan udara terhadap kelembaban relative adalah suatu hal yang

berpengaruh dikarenakan kelembaban relative itu dipengaruhi oleh temperatur udara kering dan basah di dalam duct, pengaturan bertujuan mengatur kelembaban relative dalam duct yang bisa diterima oleh manusia demi kenyamanan dalam front kerja tambang. 2.

Percabangan terhadap kondisi aliran udara berpengaruh besar dikarenakan

udara

yang

masuk

sebelum

terbagi

menjadi

beberapa

cabang

akan

mempengaruhi kecepatan aliran udara yang secara otomatis mempengaruhi pola aliran

udara

dalam

duct,

semakin

kecil

ditetapkanolehreynoldmakaaliranudaraakanmenjadi

kecepatan laminar,

udara

yang

makadibutuhkan

booster untuk mempercepat aliran udara untuk membuat aliran udara menjadi turbulens. 3.

Belokan mempengaruhi pola aliran udara dikarenakan pada belokan akan

menimbulkan gesekan dari udara terhadap material penyusundari duct, yang akan mengakibatkan kecepatan alir mejadi melemah yang berimbasakan berubahnya pola aliran udara yang mungkin tadinya turbulens menjadi transisi, atau yang transisi menjadi laminar. 4.

Pola aliran setiap titik sangatlah berbeda – beda dikarenakan setiap titik

memiliki karakteristik daerah tertentu, ada titik yang dekat percabangan, ada juga titik yang berada didekat belokan ataumungkin titik tersebut memiliki dimensi ukuran yang berbeda, yang nantinya akan berpengaruh terhadap pola aliran udara yang terjadi dalam duct.

5.

Penambahan booster dalam duct bertujuan untuk menaikan kecepatan

udara yang nantinya akan merubah kondisi aliran udara yang tadinya udara tersebut beraliran rendah dan berarus laminar bisa menjadi aliran transisi dan bahkan turbulensi, karena aliran udara dalam duct baik itu laminar, transisi dan itu turbulensi sangat dipengaruhi oleh kecepatan aliran. 6.

Pemakaian regulator dalam duct bertujuan untuk mengatur aliran udara

dalam tambang dengan memeberikan suatu tahanan pada aliran udara, sehingga tekanan udara pada duct akan bertambah.

6.2

Saran Dari praktikum ventilasi yang telah dilakukan selama ini, ada beberapa

saran yang ingin disampaikan yaitu : 1.

Alat simulasi ventilasi tambang yang ada sudah baik, namun perlu diperbaiki lagi bagian – bagian atau titik – titik ventilasi yang kurang baik, terutama berkaitan dengan kebocoran udara akibat tidak rapatnya (terlepasnya mur) bagian – bagian alat simulasi.

2.

Kurangnya alat perlengkapan praktikum sangat mengganggu kelancaran praktikum karena terlalu banyaknya waktu tunggu untuk menggunakan alat oleh masing – masing kelompok. Hal ini kiranya dapat diperhatikan agar dapat memperlancar proses praktikum yang akan datang.

More Documents from "Fokku Jowy"