7454574 Secret Of Guitar Master

  • Uploaded by: Mazmur Irawan
  • 0
  • 0
  • May 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 7454574 Secret Of Guitar Master as PDF for free.

More details

  • Words: 1,565
  • Pages: 11
Secret of Guitar Master (Part - 1)

(Part 1) By huang hanzen e-mail: [email protected] Banyak gitaris yang belajar secara otodidak untuk menin gkatkan permainanya. tetapi manakah yang lebih baik dalam mempelajari gitar? Secara otodidak ato secara formalitas (kuliah musik, kursus, dll). Ada yang mengatakan bahwa belajar gitar secara otodidak itu main melodinya asal-asalan tuh!!! Sedangkan yang formalitas main musiknya terlalu kaku ama patitur jadi ga menjiwai musiknya. Nah perang deh jadinya… oleh karena itu kedua cara tersebut memiliki keunggulan masing2. Misalnya secara otodidak mungkin lebih banyak pengalaman dari tanya2 sesama gitaris2 lain, dan formalitas memiliki banyak pengetahuan tentang jenis2 musik, aliran music, pemainan, kerapihan. maka itu apa pun itu caranya yang terpenting adalah “how to practice to become the best you can be” bagaimana berlatih untuk menjadi terbaik yang kamu bisa. Dan jangan pernah untuk berhenti berlatih. Dalam bermusik hal yang harus kamu kembangkan ada 3 kategori yaitu: • • •

Mechanical Ability Rhythmic Ability Creativity

Mechanical ability adalah kemampuan kinerja dalam memainkan nada-nada cepat dan lambat, termasuk teknik reflek, kelenturan, kebiasaan tangan kanan ato kiri bahkan kaki. Rhythmic Ability adalah kemampuan untuk merasakan ketukan dan irama secara tepat, ini hal yang terpenting bagi musisi. Dan terakhir creativity atau kreatifitas adalah aspek paling-paling penting dalam segala hal seni. Tapi sayangnya banyak yang melupakan aspek i ni dalam bermusik. Kretifitas juga dapat meningkatkan imajinasi musik. Bagimana cara meningkatkan 3 kategori tersebut? Nah dalam artikel ini saya membantu kalian cara untuk mengembangkannya.

Mechanical Ability

Teknik dasar tangan kiri Bagian ini untuk melatih kelenturan tangan kiri an da agar tidak kaku dan ini juga berguna sebagai pemanasan jari. Aturlah ampli anda pada sound clean agar bias jelas nada yang anda mainkan dan taruh jari jempol kiri pada bagian belakang Neck, berlatihlah secara pelah an hingga tangan anda merasa lentur. Intinya keakuratan dan pengendalian tangan anda bukan kecepatan. Konsentrasi pada tangan anda agar selalu d ekat dengan senar, tekan senar jari kiri anda dekat dengan fret besi gitar, dan jangan lepas jari kiri anda sebelum berpindah senar. Ex 1:

Ex2:

Latihan ini untuk melatih otot lengan anda, teknik ini disebut “Trill”. Dan tetaplah kosentrasi seperti Ex1

Ex3: Ini dapat berguna untuk meningkatkan kemandirian antar setiap jari, ber mainlah secara pelahan dan “ingat apabila sudah merasakan sakit atau pegal berhentilah sejenak” Ex4:

Teknik “hammer- on” dan “pull-off” dengan Penggabungan senar terbuka Ex5:

Teknik ini disebut dengan bending. Untuk gitar is professional teknik ini wajib di pelajari. Pertama mainkan nada kemudian lekukkan senar ke atas hingga nada mencapai nada sebelumnya, anda juga bisa menambahkan getaran pada senar sehingga nada menjadi mantap oiii!!!

Ex6:

Teknik ini disebut dengan “Rolling” berguna agar nada tid ak terputus atau berbunyi bersamaan, pertama anda mainkan nada dengan ujung jari kemudian pada saat nada berikut anda gulingkan ke senar berikut tanpa mengangkat jari anda, begitu juga sebaliknya.

Ex7:

Potongan Lick solo dengan bentuk skala E minor. Selamat menikmati.

Sekian sudah artikel bagian pertama ini, Pada bagian teknik dasar tangan kanan akan dibahas pada artikel berikutnya (coming soon – istirahat sejenak dulu yee… cape banget ngetiknya!!!) . mudah-mudahan artikel ini dapat berguna pada anda calon-calon gitaris professional.

Secret of Guitar Master (Part - 2) Sebelumnya saya sudah membahas tentang teknik dasar tanggan kiri berikutnya adalah tangan kanan anda. Teknik dasar Tangan kanan Dengan tangan kanan kamu, langkah pertama adalah alternating picking pada single string (satu senar). Aturlah metronome anda dimulai dengan tempo 80 BPM (beat per minute) kalo teralu cepat anda bisa kurangi temponya bila anda tidak punya metronome bisa di gantikan dengan menghentakan kaki anda. Mulai lah dengan piking ke bawah dan keatas sesuai dengan aturan dan teratur, usahakan pada waktu picking jangan terlalu jauh dengan senar anda. Konsentrasi agar picking anda tidak melebar dan usaha kan sekecil mungkin. Lakukan hingga terbiasa. Apabila sudah terbiasa anda dapat tingkatkan tempo anda (perhatian tingkatkan tempo secara bertahap sekitar 2-5 BPM agar dapat beradaptasi dengan tangan anda). Ex8:

Ex9:

Ex8 dan Ex9, Lakukan juga pada senar 2,3,4,5,dan 6.

Ex10:

Model skala Harmoinic minor, Salah satu licks nya Yngwie Malmsteen Ex11:

Model diatas ini disebut Triplets, memainkan dengan 3 nada per tiap ketuk/beat. Lakukan arah picking anda sesuai dengan instruksi di atas dan rasakan irama triplets nya. Ex12:

Selajutnya model skala C major dan bentuk triplets berpindah senar, perhatikan picking anda pada saat berpindah senar. Dibawah ini Ex13 sampai Ex16 adalah bentuk dasar picking mechanic yang terdiri dari bagian yaitu “inside picking” dan “outside picking”, perbedaannya terletak pada saat perpindahan senar. Perhatikan baik-baik pada saat picking. Ex13:

Ex14:

Ex15:

Ex16:

Dan yang terakhir adalah kombinasi antar bending, picking, hammer-on, pull-off. Apabila masih sulit untuk melakukan hammer-on dan pull-off kembali lagilah ke Ex1, Ex2, dan Ex3 (Part 1 Artikel sebelumnya) Ex17:

Sekkkkiiiiiaaaannn sudah artikel teknik dasar tangan kanan ini, sebetulnya masih banyak teknik-teknik yang harus dipelajari tetapi kalo dibahas ga bakal habis-habis… jadi saya Cuma ambil bagian yang terpenting. Jadi kalian tinggal kombinasi latihan-latihan di atas sehingga dapat meningkatkan kreatifitas anda.

Secret of Guitar Master (Part - 3)

Bulilding Speed a.Cyclic Patterns Biasanya kita melihat para pemain rock, heavy metal, neo classic rock, dsb selalu menampilkan kecepatan pada solo mereka (memang keren sih bisa maen cepet!), bagaimana pun juga harus di ingat kecepatan membutuhkan banyak nada dan jangan sampai mengorbankan nada-nada tersebut menjadi suara yang menggangu di telinga anda alias berisik dan kasar kayak radio rusak!. Jadi di sini kamu akan berlatih tangan anda dengan nada agar dapat menyatu sesuai irama, yang perlu diingat bermain cepat itu hanya bentuk urutan-urutan nada yang dibunyikan secara cepat.

Pertama clean kan sound kamu dan gunakan metronome agar kamu dapat mengukur kemampuan tingkat kecepatan kamu. Latihan pada 3 tingkat kecepatan, yaitu: Slow (±80BPM);Moderately fast(±120); dan Real Moving (160+). Lakukanlah secara bertahap. Setelah merasa anda sudah siap nyalakan Distorsi anda ukurlah kecepatan anda. “Ingat Cepat tapi berkualitas Nadanya” Ex18&19:

Ex20:

b.Sequence Patterns Sequence adalah hanya urutan nada yang bentuknya berulang-ulang seperti do,re,mi,…, si,do. Misalnya anda bermain melodi skala major anda bermain tidak secara langsung dari do ke do berikutnya, tetapi melewati kombinasai bentuk , Masih Bingung? Mungkin anda lebih paham bila anda mencobanya secara langsung beberapa model sequence berikut.

Ex21:

Ex22:

Sweep Picking

Wah ini dia teknik lumayan berat. Jujur aja nih saya sendiri aja agak berat maeninya kayak ngangkat barbel 50Kg… berati ngak bisa angkat donk hehehe.. sweep picking itu biasanya berupa nada arpeggio yang mempunyai nadanya sangat singkat dan banyak kalo dibikin tabulatur ato patitur ude kayak gunung kembar, eits!! Victor deh!! Jangan dibahas lagi Focus!. Biasanya teknik ini sering dilakukan oleh gitaris legenda Yngwie yang beraliran neo classic rock.

Teknik ini membutuhkan kerjasama antara kedua belah tangan, tangan kiri anda bertugas untuk memisahkan pada setiap nada berikut dan tangan kanan melakukan picking Sweep, Picking Sweep adalah melakukan picking pada saat senar berikut tanpa meninggalkan senarnya dan pickingnya harus searah dan tangan kiri anda mengunakan teknik roll seperti Ex6 ( lihat bagian part -1).

Pertama berlatihlah mulai dari dasar dengan tiga senar dan picking sesuai intruksi. Lakukan secara pelan agar kedua tangan anda dapat berkerjasama. Hindarilah nda yang bersamaan.

Ex23:

Ex24 & 25:

Berikut ini adalah potongan solo dari Yngwie lagu dari “Like an Angel” Ex26:

Sekian untuk topic Building Speed dan Sweep Picking kalo ada yang salah penjelasan ato ketik harap maklum yaaa…... untuk tambahan informasi tentang musik anda bisa kunjungi di www.hanzenmusicool.blogspot.com

Secret of Guitar Master (part - 4a) Pendidikan Musik gitar By: Huang Hanzen E-mail: [email protected] Rhythmic Ability Kepadatan dan kemampuan untuk merasakan Irama adalah hal yang benar-benar di perhatikan dalam bermusik. Kemampuan ini adalah dasar fondasi dari musik, karena bila kamu memiliki not-not yang bagus tetapi tidak memiliki irama yang bagus dan tepat maka hal yang anda mainkan hanya sia-sia istilahnya kacau deh musiknya. dari pengalaman yang saya dapatkan kebanyakan para musisi masih sulit merasakan irama dengan baik dan apalagi bermain music pake metronome banyak yang ngeluh kesulitan mengikuti metronome. Untuk melatih irama ketukan anda harus melakukan konsentasi pada ketukan dengan kaki anda, gunakan kaki anda dengan mengetuk pada lantai dan sesuaikan permainan anda misalkan anda bermain nada setengah ketuk berate permainan anda harus 2 kali lebih cepat dari ketukan kaki anda. Ingat bila anda tidak mengetukan kaki anda berati anda tidak melakukan latihan ini. Ex27:

Di Ex27 tadi adalah melatih irama pada ketukan on beat dan dibawah ini Ex28 adalah melatih ada up beat. Riff ini biasanya sering dimainkan oleh Cuck Berry EX28:

Berikut ini bentuk variasi-variasi ketukan. Ex29-35:

Nah selanjutnya ketukan 12 per 8 yang masih awam jangan kaget dulu sebenarnya tidak sulit kok kalo kamu sudah mempelajari ketukan triplet fell (Ex11 dan Ex12 pada artikel Part 1) sama saja kok permainanya kalo dirasakan. Biasanya model ini banyak di mainkan lagu Slow Rock Jaman Dulu, tapi sekarang masih banyak juga yang bermain model seperti ini. Ex36:

Coba perhatikan 12 per 8 dengan 4 per 4 jumlah notnya sama kan sebenernya 12 per 8 untuk pemudah penulisannya saja misalnya lagu model triplet fell dari pertama hingga akhir tidak perlu penambahan tanda triplet pada setiap not. Untuk mempelajarinya coba

kata kan “One, A, B,TWO, A,B, THREE,A,B,FOUR, A,B” (pake bahasa inggris penyebutan angkanya soalnya kalo pake bahasa Indonesia untuk mengatakan sa-tu, du-a, ti-ga, em-pat butuh dua nada)

Ex37:

To Be Continue…. untuk tambahan informasi tentang musik anda bisa kunjungi di www.hanzenmusicool.blogspot.com oh iya teman-teman bagi ada yang mau ikutan rame-remein atau shere posting artikel, ato informasi, apa saja deh asal tentang music silakan kirim dokumennya dalam word(.doc) ke E-mail saya: [email protected] tar saya Replay balik atas terimanya emailnya. lalu saya postingin deh.

Related Documents

Secret Of
December 2019 13
Secret
June 2020 22
Secret
June 2020 18
Secret
November 2019 40
Secret
November 2019 44

More Documents from ""