341199581-leaflet-ruam-popok.docx

  • Uploaded by: Angga Pah
  • 0
  • 0
  • July 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 341199581-leaflet-ruam-popok.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 360
  • Pages: 2
Ruam Popok pada bayi Apakah yang dimaksud dengan Ruam Popok? Ruam popok adalah radang/ infeksi kulit di sekitar area popok seperti paha dan pantat pada bayi, yang umum nya disebabkan terpaparnya kulit bayi pada zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses bayi dalam jangka waktu lama.

Apa penyebab Ruam Popok pada Bayi? Ruam popok sering disebabkan Iritasi akibat urin/tinja,diperkenalkan dengan makanan baru,iritasi produk baru,bakteri atau jamur,kulit bayi sensitif, penggunaan antibiotik , makanan-makanan yang mengandung asam, (alergi) terhadap protein pada makanan-makanan tertentu,seringnya keluar buang air besar (diare). Kenali ruam popok pada anak anda melalui berbagai tanda/gejala berikut: 1. Muncul kulit kemerahan yang bengkak pada daerah yang tertutup popok 2. Bayi bertambah rewel, misalnya menangis saat bagian yang biasanya tertutup popok disentuh atau dibersihkan.

Bagaimana pencegahan pada ruam popok? 1. Jaga kulit bayi tetap kering,bersih, terkena udara. 2. Segera mengganti popok yang kotor. 3. cuci tangan Anda sebelum dan sesudah mengganti popok. 4. Sesuaikan ukuran dan bentuk popok dengan bayi Anda. 5. Hindari penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol dan pewangi setiap kali mengganti popok. 6. Hindari penggunaan bedak 7. Oleskan krim atau salep pencegah ruam popok tiap mengganti popok bayi Anda, seperti zink oxide. 8. Jika Anda menggunakan popok kain, cucilah dengan bersih dan hindari penggunaan pewangi pakaian.

Bagaimana perawatan pada bayi jika terjadi ruam popok? 1. Seringlah mengganti popok 2. Cobalah jenis popok yang berbeda. 3. Hindari hal-hal yang menyebabkan ruam popok, seperti bedak bayi, alkohol, dan pewangi pakaian. 4. Bilas dengan baik daerah yang ruam 5. Ulas dengan lembut bisa menggunakan handuk lembut dan kering dengan ditepuk pelan-pelan,jangan digosok. 6. Biarkan pantat bayi terbuka selama beberapa menit. 7. Cegah terjadinya gesekan yang dapat memperparah ruam. 8. Konsultasikan dengan dokter apabila melepuh dan terdapat nanah, tidak hilang dalam waktu 48-72 jam, dan menjadi lebih parah.

Pilihlah popok yang berbahan lembut, berdaya serap sangat baik, tetap kering, dan sesuaikan dengan aktivitas bayi Jika terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan kejadian yang berlanjut, segera bawa ke pelayanan kesehatan yang terdekat.

PROMOSI KESEHATAN DENGAN PENYAKIT PADA BAYI

RUAM POPOK

Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Oleh : ROISATUL HUSNIYAH 1401460017 POLTEKKES KEMENKES MALANG JURUSAN KEPERAWATAN PRODI DIV KEPERAWATAN MALANG MEI 2015

More Documents from "Angga Pah"