335008069-produk-pembiayaan-syariah-ppt.pptx

  • Uploaded by: Rida Aisyah
  • 0
  • 0
  • December 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 335008069-produk-pembiayaan-syariah-ppt.pptx as PDF for free.

More details

  • Words: 881
  • Pages: 18
Nurul Al Fauziyah Rida Aisyah Muhammad Hanif Dinulloh Kurnia Yuli Yusnita Sari

Pengertian Pembiayaan Syariah



Pembiayaan adalah pemberian fasilitas penyediaan dana untuk mendukung investasi yang telah direncanakan berdasarkan kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.

Produk Pembiayaan Syariah



Produk pembiayaan retail

Produk pembiayaan konsumer Produk pembiayaan wholesale

Produk pembiayaan L/C

Produk pembiayaan modal kerja

Produk pembiayaan bank garansi

Produk pembiayaan investasi

Produk pembiayaan konsumer

  Pembiayaan consumer merupakan pembiayaan yang diberikan untuk pembelian yang bersifat konsumtif atau digunakan sendiri, seperti rumah, apartemen, mobil, barang-barang elektronik, dan lain lain.  Jenis-Jenis Pembiayaan Konsumer a. Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) b. Pembiayaan Pemilikan Kendaraan Bermotor c. Pembiayaan Tanpa Agunan d. Pembiayaan Multiguna e. Kartu pembiayaan syariah

Produk pembiayaan retail

  Pembiayaan Ritel merupakan pembiayaan yang diberikan kepada perorangan ataupun badan usaha dan digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha. Besarnya jumlah pembiayaan yang diberikan pada segmen ritel ini bervariasi pada setiap bank syariah.

Produk pembiayaan wholesale

  Pembiayaan Wholesale memiliki kesamaan dengan Pembiayaan Ritel. Perbedaannya, pembiayaan wholesale memiliki loan size yang lebih besar dibandingkan dengan pembiayaan ritel.

Perbedaan produk pembiayaan ritel dan wholesale



No.

Keterangan

Pembiayaan Ritel

Pembiayaan Wholesale

1.

Kepemilikan Usaha

Perorangan/Badan Usaha

Badan Usaha

2.

Kompleksitas

Rendah

Tinggi

3.

Diversifikasi Usaha

Tidak banyak, dan beberapa

Beberapa memiliki banyak bidang usaha melalui

bahkan focus pada satu bidang

anak perusahaannya

usaha

4.

Validitas Dokumen &

Relatif Rendah

Tinggi

Laporan Keuangan 5.

Pola Jaminan Pinjaman

Asset based

Asset based & clean basis

6.

Proses Kredit

Relatif mudah

Lebih sulit dibandingkan dengan Kredit Ritel

7.

Tingkat Risiko

Tinggi, apalagi jika debiturnya

Moderat karena sudah tersruktur dan dikelola

Pengelolaan Usaha

merupakan usaha perorangan yang

secara profesional

aset usahanya masih menjadi satu dengan urusan rumah tangga

Produk pembiayaan L/C



Yang dimaksud dengan Letter of Credit (L/C) atau Standbay L/C (SBLC) adalah setiap perjanjian yang melibatkan bank selaku inssuing bank yang bertindak atas permintaan dan instruksi nasabah (applicant) atau atas namanya sebagai jaminan untuk melakukan salah satu hal berikut: 1. Pembayaran kepada pihak ketiga (beneficiary) atau yang ditunjuk pihak ketiga, mengaksep, dan membayar weselwesel yang ditarik oleh beneficiary. 2. Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran, mengaksep, dan membayar wesel-wesel. 3. Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan negosiasi atau mengambil alih penyerahan dokumendokumen yang telah ditetapkan sesuai dengan dipersyaratkan dalam L/C.

Letter of Credit Impor Syariah

 Letter of Credit (L/C) impor syariah adalah surat pernyataan akan membayar kepada eksportir yang diterbitkan oleh bank untuk kepentingan importer dengan pemenuhan persyaratan tertentu sesuai dengan prinsip syariah. Dalam pelaksanaannya, L/C impor syariah menggunakan akad Wakalah bil Ujrah, Qardh, Murabahah, Salam, Istishna, Mudharabah, Musyarakah dan Hawalah.

Latter of Credit Ekspor Syariah

 Letter of Credit (L/C) ekspor syariah adalah surat pernyataan akan membayar kepada eksportir yang diterbitkan oleh bank untuk memfasilitasi perdagangan ekspor dengan pemenuhan persyaratan tertentu sesuai dengan prinsip syariah. Dalam pelaksanaannya, L/C ekspor syariah menggunakan akad Wakalah bil Ujrah, Qardh, Mudharabah, Musyarakah, dan Al bai.

Ruang lingkup yang terkait L/C

 a. b. c. d. e. f.

Ruang lingkup transaksi Waktu Penyelesaian Pembatalan Pengalihan Hak Pihak Advising Bank Cara Pembayaran kepada Beneficiary

Manfaat dan pihak yang terkait langsung dalam mekanisme L/C



Manfaat : a. Bank akan mendapatkan pendapatan, antara lain fee based dari sharf (nilai tukar), Ujrah (uang jasa) sebagai advising bank, margin keuntungan dan bagi hasil b. Pengendapan dana c. Pemberian layanan kepada nasabah d. Meningkatkan loyalitas nasabah e. Nasabah bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan berbagai pilihan, seperti murabahah, mudhrabah, dan musyarakah. f. Ikut menggerakkan perdagangan dan perekonomian nasional g. Transaksi berdasarkan prinsip syariah sehingga terhindar dari system riba

Pihak yang terkait : a. buyer atau importir b. seller atau eksportir c. opening bank atau issuing bank. d. advising bank e. paying bank f. accepting bank. g. negotiating bank. h. confirming bank i. Claiming bank j. Nominated Bank k. Reimbursing bank

Bentuk dan Jenis L/C  Revocable Letter of Credit

Usance Letter of Credit

Irrevocable Letter of Credit

Sight Letter of Credit

Payment Letter of Credit (Straight L/C)

Confirmed Irrevocable Letter of Credit

Transferrable Letter of Credit

Produk pembiayaan bank garansi



Bank garansi adalah suatu fasilitas non-cash financing yang diberikan oleh bank kepada pihak lain seperti yang diminta nasabah sebagai penjamin jika wanprestasi. Penerbitan bank garansi dapat dilakukan dengan persyaratan berikut:  Telah dituangkan dalam perjanjian pembiayaan (jika garansi bank dimasukkan sebagai atau menjadi bagian dari fasilitas pembiayaan)  Adanya pengajuan pembukaan bank garansi dari nasabah  Kelengkapan identitas nasabah  Dokumen legalitas usaha  Semua dokumen jaminan yang dipersyaratkan telah diikat secara legal.

Produk pembiayaan investasi

  Pembiayaan ini merupakan fasilitas yang diberikan untuk membiayai aktiva tetap yang digunakan demi menunjang kegiatan usaha. Pembiayaan investasi bagi perusahaan dapat menggunakan akad murabahah.

Produk pembiayaan modal kerja

  Pembiayaan Modal Kerja (PMK) merupakan pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah untuk membantu kebutuhan modal kerja usaha atau perputaran usaha nasabah pembiayaan. Pada bank syariah, pembiayaan modal kerja umumnya menggunakan akad musyakarah atau mudharabah, kecuali pembiayaan untuk modal kerja yang berbasis pengadaan barang, aset, atau tangible asset, maka akad yang digunakan adalah akad murabahah (investasi).

Jenis-jenis produk pembiayaan modal kerja



Pembiayaan Rekening Koran Syariah (PRKS)

Pembiayaan Berjangka

Clean Up Finance System

Pembiayaan L/C Ekspor

Negosiasi Wesel Ekspor

Terima Kasih  

More Documents from "Rida Aisyah"