T1 St1 P2.docx

  • Uploaded by: agustiani
  • 0
  • 0
  • May 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View T1 St1 P2.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 1,251
  • Pages: 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah

: SLB LUAK NAN BUNGSU

Satuan Tingkat Pendidikan

: SDLB

Kelas/ Semester

: V Tunagrahita/ I

Tema

: 1. Aku dan Sekolahku

Sub Tema

: 1. Temanku

Pembelajaran ke

: 2 (dua)

Alokasi waktu

: 1 x pertemuan

I. Kompetensi Inti KI. 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru KI. 3.Mengenal pengetahuan faktual dengan cara mengamati (menyimak, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah KI. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia II.

Kompetensi Dasar dan Indikator

Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar 3.2 Mengenal cerita teks narasi sederhana kegiatan dan bermain di ligkungan sekolah dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 4.1 memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian Indikator

3.2.1 melalui membaca siswa mengenal narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah 3.2.2 melalui membaca siswa memahami sikap dalam berteman 4.1.1 melalui pengamatan siswa dapat memperagakan sikap berteman di lingkungan sekolah SBdP Kompetensi Dasar 1.2 mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatifmasing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan 2.3 menunjukkan rasa ingin tahu tentang alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni Indikator 1.2.1 menjelaskan langkah-langkah membuat pin kupu-kupu 2.3.1 membuat pin kupu-kupu PKn Kompetensi Dasar 3.2 mengetahui tata tertib yag berlaku di rumah dan sekolah 4.1melaksanakan tat tertib di lingkungan rumah dan sekolah serta menaatinya Indikator 3.2.1 menyebutkan tata tertib yang berlaku di rumah 4.1.1 melaksanakan tata tertib yang berlaku di rumah tentang jadwal tidur Matematika Kompetensi Dasar 3.1 mengenal nilai tukar antar pecahan uang 4.1 menuliskan nilai tukar antar pecahan uang Indikator 3.1.1 mengenal pecahan mata uang rupiah 4.1.1 menuliskan nilai tukar antar pecahan mata uang tertentu

PJOK Kompetensi dasar 3.1 Mengenal konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi 4.1 mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi Indikator 3.1.1 mengenal gerak dasar manipulatif gerakan kaki 4.1.1 melalukan gerak dasar menipulatif menirukan gerakan kelinci II. Tujuan Pembelajaran 1. Disajikan Wacana tentang menolong teman. Dengan membaca wacana menolong teman siswa dapat menunjukkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari. 2. Disajikan gambar kegiatan bergotong royong. Dengan mengamti gambar siswa dapat mengungkapkan pendapatnya tentang gambar resebut dengan jujur. 3. Berdasarkan wacana dan gambar siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri. 4. Berdasarkan tanya jawab siswa dapat membuat pertanyaan tentang jadwal waktu berangkat dan pulang sekolah dengan jujur. 5. Dengan bertanya jawab siswa dapat mencatat waktu berangkat dan pulang sekolah teman mereka pada tabel yang tersedia dengan teliti. 6. Melalui arahan guru siswa dapat melakukan gerakan manipulatif mengikuti gerak katak dengan tekun. 7. Melalui bermain peran jual beli dipasar siswa dapat melakuka transaksi dengan jual beli dengan teliti. 8. Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan hasil pengamatannya dalam tabel yang tersedia dengan jujur. III.Materi Pembelajaran 1. Ayo membaca

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks

3. Ayo bertanya

4. Ayo bermain peran

5. Ayo berolahraga

IV. Metode dan Pendekatan Pembelajaran 1. Metode a. Menanya b. Menugaskan c. Mengamati d. Mengomunikasikan 2. Pendekatan : Scientific V.

Media dan alat , dan sumber belajar

1. Gambar kegiatan bergotong royong. 2. Berbagai model mata uang Rp1.000,-, Rp2.000,-, Rp5.000, Rp10.000,-, Rp20.000,-. VI. No 1

Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Guru a. Kegiatan Awal 1. Menyiapkan siswa 2. Berdoa sebelum belajar 3. Absensi 4. Apersepsi

Waktu

2

b. Kegiatan Inti 1. Guru menugaskan siswa membuka buku murid tema 1 2. Guru mengkondisikan siswa membaca wacana menolong teman dan mengamati gambar Tentang kegiatan siswa sedang bergotong royong membantu warga memperbaiki banguna yang rusak akibat musibah. 3. Melalui bimbingan guru siswa menganilisis gambar tersebut 4. Guru mengarahkan siswa mengumpulkan informasi tentang tata tertib yang berlaku dirumahnya dengan menayakan teman sebangkunya antar lain: a. Pada jam berapakah kalian berangkat sekolah? b. Pada jam berapakah mereka pulang sekolah? c. Pertanyaan lain berdasarkan kreativitas guru. 5. Guru

memberi

pertanyaannya

kesempatan

pada

beberapa

siswa temannya

mengajukan kemudian

mencatatnya dalam tabel Sebelum menyajikan hasil kerjanya di papan pajangan guru mengajak siswa memperbaiki bersama tugas mereka. 6. Guru memajangkan semua hasil kerja siswa. 7. Guru menugaskan siswa menulis identitas mereka dan tema tugas tersebut pada tugas masing-masing. 8. Guru mempersiapkan model uang kertas bernilai Rp1.000,-, Rp2.000,-, Rp5.000,-, Rp10.000,-, dan Rp20.000,-. 9. Guru menjak siswa melakukan kegiatan manipulatif menirukan gerak katak 10. Untuk lebih menguatkan pemahaman siswa tentang nilai mata uang, guru menugaskan siswa bermain peran tentang kegiatan belanja di pasar sesuai denagn petunjuk kegiatan yang ada dalam buku siswa kelas V tema 1 untuk tuna grahita sub tema 1, pemebelajaran 2, halaman... 11. Saat kelompok tertentu maju bermain peran maka guru

menugaskan kelompok lain menilai kelompok tersebut dan mencatatnya Kegiatan Akhir

3

a. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pelajaran. b. Guru

mengakhiri

pembelajaran

dengan

membaca

hamdalah. VII.

Evaluasi

Bentuk tes : Lisan, tulisan dan Unjuk kerja VIII.

Penilaian

Rubrik pengamatan gambar Gambar Kegiatan bergotong royong membantu warga Desa Sukatani yang rusak dilanda banjir. No

Menunjukkan gambar

Nama

SB 4

B 3

C 2

Pengamatan gambar Menyebutkan

K 1

SB 4

gambar B C 3 2

K 1

Mengidentifikasi gambar SB B C 4 3 2

K 1

Penilaian Sikap No

Nama Siswa

Percaya diri SB 4

B 3

C 2

K SB 1 4

Perubahan tingkah laku peduli dan Tanggung Teliti Santun jawab B C K SB B C K SB B C K 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1

Penilaian Pengetahuan Instrumen penilaian: Tes Tertulis a. Menjawab Pertanyaan berdasarkan wacana Jawaban: 1. Desa Sukatani. 2. Banjir. 3. Sembako, pakaian, selimut, air bersih, Obat-obatan, tenda-tenda.

4. Pakain sekolah, Alat-alat Tulis, Tas, sepatu dan kebutuhan sekolah lainnya. Pedoman Penskoran: No 1 2 3 4 b.

Nomor Soal 1 2 3 4

Skor 1 1 4 4

Menulis jam kegiatan berangkat dan pulang sekolah Jawaban: 1. Disesuaikan dengan kondisi setempat. 2. Menulis Waktu dengan tepat. Jam: menit ( dengan format 24 jam)

Kriteria Penilaian Kriteria

Bobot

Menjawab dengan menulis waktu dengan format

10

yang tepat. Menjawab dengan menulis format waktu kurang

5

tepat. Penilaian Ketrampilan a.

Melakukan gerak manipulatif. Penilaian: Parktik menirukan gerak katak melompat Lembar Pengamatan Kegiatan Parktik gerak manipulatif No 1.

Kriteria Kedua tangan diluruskan kedepan sejajar

2.

dengan bahu. Duduk jongkok dengan posisi tangan lurus

3.

kedepan. Melakukan lompatan melentur dengan posisi

4.

kaki lurus. Mendarat dalam posisi jongkok dan posisi tang tetap lurus kedepan.

Ya

tidak

Hasil Pengamatan Kegiatan gerak manipulatip menirukan gerak katak melompat No

b.

Kriteria 1 Ya Tidak

Nama

Kriteria 2 Ya Tidak

Kriteria 3 Ya Tidak

Kriteria 4 Ya Tidak

Melakukan Bermain peran jual beli di pasar Penilaian: paraktik Rubrik Melakukan Bermain peran jual beli di pasar No 1

Perlu

Baik Sekali

Baik

Cukup

Jual beli di

4 Bermain peran

3 Bermain peran

2 Bermain peran

Bimbingan 1 Bermain

pasar

sesuai dengan

sesuai dengan

sesuai dengan

peran tidak

Kriteria

tema dan peran tema dan peran tema dan

sesuai

suara jelas dan

suara jelas

peran, suara

dengan tema

tidak malu-

tetapi malu-

tidak jelas

dan peran

malu

malu

Payakumbuh, ......................................... Guru Kelas

OLIVIA, S.Pd.

Related Documents

T1 St1 P2.docx
May 2020 15
St1
November 2019 19
St1
November 2019 16
Rpp K1 T1 St1 P1.docx
May 2020 16
Rpp K1 T1 St1 P6.docx
May 2020 13
T1
June 2020 24

More Documents from ""