RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
: SLB LUAK NAN BUNGSU
Satuan Tingkat Pendidikan
: SDLB
Kelas/ Semester
: V Tunagrahita/ I
Tema
: 1. Aku dan Sekolahku
Sub Tema
: 1. Temanku
Pembelajaran ke
: 2 (dua)
Alokasi waktu
: 1 x pertemuan
I. Kompetensi Inti KI. 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru KI. 3.Mengenal pengetahuan faktual dengan cara mengamati (menyimak, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah KI. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia II.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar 3.2 Mengenal cerita teks narasi sederhana kegiatan dan bermain di ligkungan sekolah dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 4.1 memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian Indikator
3.2.1 melalui membaca siswa mengenal narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah 3.2.2 melalui membaca siswa memahami sikap dalam berteman 4.1.1 melalui pengamatan siswa dapat memperagakan sikap berteman di lingkungan sekolah SBdP Kompetensi Dasar 1.2 mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatifmasing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan 2.3 menunjukkan rasa ingin tahu tentang alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni Indikator 1.2.1 menjelaskan langkah-langkah membuat pin kupu-kupu 2.3.1 membuat pin kupu-kupu PKn Kompetensi Dasar 3.2 mengetahui tata tertib yag berlaku di rumah dan sekolah 4.1melaksanakan tat tertib di lingkungan rumah dan sekolah serta menaatinya Indikator 3.2.1 menyebutkan tata tertib yang berlaku di rumah 4.1.1 melaksanakan tata tertib yang berlaku di rumah tentang jadwal tidur Matematika Kompetensi Dasar 3.1 mengenal nilai tukar antar pecahan uang 4.1 menuliskan nilai tukar antar pecahan uang Indikator 3.1.1 mengenal pecahan mata uang rupiah 4.1.1 menuliskan nilai tukar antar pecahan mata uang tertentu
PJOK Kompetensi dasar 3.1 Mengenal konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi 4.1 mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi Indikator 3.1.1 mengenal gerak dasar manipulatif gerakan kaki 4.1.1 melalukan gerak dasar menipulatif menirukan gerakan kelinci II. Tujuan Pembelajaran 1. Disajikan Wacana tentang menolong teman. Dengan membaca wacana menolong teman siswa dapat menunjukkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari. 2. Disajikan gambar kegiatan bergotong royong. Dengan mengamti gambar siswa dapat mengungkapkan pendapatnya tentang gambar resebut dengan jujur. 3. Berdasarkan wacana dan gambar siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri. 4. Berdasarkan tanya jawab siswa dapat membuat pertanyaan tentang jadwal waktu berangkat dan pulang sekolah dengan jujur. 5. Dengan bertanya jawab siswa dapat mencatat waktu berangkat dan pulang sekolah teman mereka pada tabel yang tersedia dengan teliti. 6. Melalui arahan guru siswa dapat melakukan gerakan manipulatif mengikuti gerak katak dengan tekun. 7. Melalui bermain peran jual beli dipasar siswa dapat melakuka transaksi dengan jual beli dengan teliti. 8. Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan hasil pengamatannya dalam tabel yang tersedia dengan jujur. III.Materi Pembelajaran 1. Ayo membaca
2. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
3. Ayo bertanya
4. Ayo bermain peran
5. Ayo berolahraga
IV. Metode dan Pendekatan Pembelajaran 1. Metode a. Menanya b. Menugaskan c. Mengamati d. Mengomunikasikan 2. Pendekatan : Scientific V.
Media dan alat , dan sumber belajar
1. Gambar kegiatan bergotong royong. 2. Berbagai model mata uang Rp1.000,-, Rp2.000,-, Rp5.000, Rp10.000,-, Rp20.000,-. VI. No 1
Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Guru a. Kegiatan Awal 1. Menyiapkan siswa 2. Berdoa sebelum belajar 3. Absensi 4. Apersepsi
Waktu
2
b. Kegiatan Inti 1. Guru menugaskan siswa membuka buku murid tema 1 2. Guru mengkondisikan siswa membaca wacana menolong teman dan mengamati gambar Tentang kegiatan siswa sedang bergotong royong membantu warga memperbaiki banguna yang rusak akibat musibah. 3. Melalui bimbingan guru siswa menganilisis gambar tersebut 4. Guru mengarahkan siswa mengumpulkan informasi tentang tata tertib yang berlaku dirumahnya dengan menayakan teman sebangkunya antar lain: a. Pada jam berapakah kalian berangkat sekolah? b. Pada jam berapakah mereka pulang sekolah? c. Pertanyaan lain berdasarkan kreativitas guru. 5. Guru
memberi
pertanyaannya
kesempatan
pada
beberapa
siswa temannya
mengajukan kemudian
mencatatnya dalam tabel Sebelum menyajikan hasil kerjanya di papan pajangan guru mengajak siswa memperbaiki bersama tugas mereka. 6. Guru memajangkan semua hasil kerja siswa. 7. Guru menugaskan siswa menulis identitas mereka dan tema tugas tersebut pada tugas masing-masing. 8. Guru mempersiapkan model uang kertas bernilai Rp1.000,-, Rp2.000,-, Rp5.000,-, Rp10.000,-, dan Rp20.000,-. 9. Guru menjak siswa melakukan kegiatan manipulatif menirukan gerak katak 10. Untuk lebih menguatkan pemahaman siswa tentang nilai mata uang, guru menugaskan siswa bermain peran tentang kegiatan belanja di pasar sesuai denagn petunjuk kegiatan yang ada dalam buku siswa kelas V tema 1 untuk tuna grahita sub tema 1, pemebelajaran 2, halaman... 11. Saat kelompok tertentu maju bermain peran maka guru
menugaskan kelompok lain menilai kelompok tersebut dan mencatatnya Kegiatan Akhir
3
a. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pelajaran. b. Guru
mengakhiri
pembelajaran
dengan
membaca
hamdalah. VII.
Evaluasi
Bentuk tes : Lisan, tulisan dan Unjuk kerja VIII.
Penilaian
Rubrik pengamatan gambar Gambar Kegiatan bergotong royong membantu warga Desa Sukatani yang rusak dilanda banjir. No
Menunjukkan gambar
Nama
SB 4
B 3
C 2
Pengamatan gambar Menyebutkan
K 1
SB 4
gambar B C 3 2
K 1
Mengidentifikasi gambar SB B C 4 3 2
K 1
Penilaian Sikap No
Nama Siswa
Percaya diri SB 4
B 3
C 2
K SB 1 4
Perubahan tingkah laku peduli dan Tanggung Teliti Santun jawab B C K SB B C K SB B C K 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
Penilaian Pengetahuan Instrumen penilaian: Tes Tertulis a. Menjawab Pertanyaan berdasarkan wacana Jawaban: 1. Desa Sukatani. 2. Banjir. 3. Sembako, pakaian, selimut, air bersih, Obat-obatan, tenda-tenda.
4. Pakain sekolah, Alat-alat Tulis, Tas, sepatu dan kebutuhan sekolah lainnya. Pedoman Penskoran: No 1 2 3 4 b.
Nomor Soal 1 2 3 4
Skor 1 1 4 4
Menulis jam kegiatan berangkat dan pulang sekolah Jawaban: 1. Disesuaikan dengan kondisi setempat. 2. Menulis Waktu dengan tepat. Jam: menit ( dengan format 24 jam)
Kriteria Penilaian Kriteria
Bobot
Menjawab dengan menulis waktu dengan format
10
yang tepat. Menjawab dengan menulis format waktu kurang
5
tepat. Penilaian Ketrampilan a.
Melakukan gerak manipulatif. Penilaian: Parktik menirukan gerak katak melompat Lembar Pengamatan Kegiatan Parktik gerak manipulatif No 1.
Kriteria Kedua tangan diluruskan kedepan sejajar
2.
dengan bahu. Duduk jongkok dengan posisi tangan lurus
3.
kedepan. Melakukan lompatan melentur dengan posisi
4.
kaki lurus. Mendarat dalam posisi jongkok dan posisi tang tetap lurus kedepan.
Ya
tidak
Hasil Pengamatan Kegiatan gerak manipulatip menirukan gerak katak melompat No
b.
Kriteria 1 Ya Tidak
Nama
Kriteria 2 Ya Tidak
Kriteria 3 Ya Tidak
Kriteria 4 Ya Tidak
Melakukan Bermain peran jual beli di pasar Penilaian: paraktik Rubrik Melakukan Bermain peran jual beli di pasar No 1
Perlu
Baik Sekali
Baik
Cukup
Jual beli di
4 Bermain peran
3 Bermain peran
2 Bermain peran
Bimbingan 1 Bermain
pasar
sesuai dengan
sesuai dengan
sesuai dengan
peran tidak
Kriteria
tema dan peran tema dan peran tema dan
sesuai
suara jelas dan
suara jelas
peran, suara
dengan tema
tidak malu-
tetapi malu-
tidak jelas
dan peran
malu
malu
Payakumbuh, ......................................... Guru Kelas
OLIVIA, S.Pd.