388780034-leaflet-banjir-manben.docx

  • Uploaded by: Etty Herlin Indriati
  • 0
  • 0
  • July 2020
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 388780034-leaflet-banjir-manben.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 362
  • Pages: 2
MALARIA, THIPHUS, DAN DENGUE

DIARE

buang air besar lembek atau cair bahkan berupa air saja yang frekuensinya lebih sering dari biasanya (biasanya tiga kali atau lebih dalam sehari) dan berlangsung kurang dari 14 hari. Saat banjir dapat dikatakan semua sumber air tanah akan tercemar dengan total choliform dari septic tank atau dari sumber lainnya. Dalam keadaan darurat air dengan kualitas yang baik sulit didapatkan. Dengan terbatasnya jumlah air bersih, maka kemungkinan untuk masuknya organisme penyebab diare juga semakin tinggi.

PENCEGAHAN

Banjir tentu identik dengan genangan air. Jika airnya kontak dengan tanah, maka anopheles dapat berkembang biak di sana. Jika genangan air ada di wadah, maka itu adalah tempat yang baik untuk Aedes, Sp berkembang biak. Sementara kondisi tempat pengungsian yang kumuh dan kurangnya kontrol terhadap penyimpanan makanan memungkinkan lalat untuk menyebarkan organisme patogen yang melekat dalam tubuhnya.

KESIAPSIAGAAN BENCANA IDENTIFIKASI ANCAMAN KESEHATAN PADA SAAT BANJIR

PENGERTIAN

DAMPAK BENCANA YANG DIAKIBATKAN OLEH BANJIR

PENYAKIT YANG DI SEBABKAN BANJIR

BENCANA BANJIR

Seperti yang telah diterangkan pada penjelasan sebelumnya, ada beberapa GANGGUAN KESELAMATAN Peristiwa meluapnya air hingga ke daratan. Banjir diperkirakan memiliki proporsi sebesar 40% dari semua bencana alami yang terjadi di seluruh dunia dan menyebabkan setengah kematian akibat bencana alam (A. Christoper Ohl: 2000).

penyakit yang dimungkinkan meningkat saat banjir. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

GANGGUAN KESELAMATAN

KESEIMBANGAN EKOSISTEM

ANCAMAN KESEHATAN

TETANUS

Dalam keadaan banjir, spora tetanus masuk kedalam tubuh biasanya melalui luka tusuk yang tercemar dengan tanah, debu jalanan atau tinja hewan dan manusia yang sudah tercemari spora C. tetani. (Kandun, ed: 2000, hlm. 515).

ANCAMAN KESEHATAN

Ancaman adalah usaha yang dilaksanakan secara konsepsional melalui tindak politik dan atau kejahatan yang diperkirakan dapat membahayakan tatanan serta kepentingan bangsa dan negara. (KBBI, 2018)

kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. (wikipedia, 2018) sehingga jika cermati pengertian dari ancaman kesehatan yakni suatu tindakan atau kejadian membahayakan yang dapat merugikan tatanan suatu negara

suntikan vaksin, agar saat terjadi banjir daya tahan tubuh kita kuat dan bakteri penyebab tetanus tidak mudah masuk, namun jika saat terjadi banjir, maka untuk mengatasinya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan luka, dan tidak kontak dengan air kotor.

More Documents from "Etty Herlin Indriati"