323605312-contoh-kisi-kisi-dan-soal-hots-sunaryo.pdf

  • Uploaded by: Inos Cha
  • 0
  • 0
  • October 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 323605312-contoh-kisi-kisi-dan-soal-hots-sunaryo.pdf as PDF for free.

More details

  • Words: 871
  • Pages: 5
KISI-KISI SOAL HOTS/LOTS Nama Satuan Pendidikan Kelas/Semester Tahun Pelajaran Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar KD 3.5: Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan seharihari. KD 4.5: Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya.

SUNARYO_0817199225

: SMAN 85 Jakarta : X MIPA/Ganjil : 2016/2017 : Fisika

IPK Menganalisis karaktersistik gerak parabola dengan menggunakan vektor.

Memprediksi besar kecepatan gerak parabola, jika diasumsikan waktu bola berada di udara adalah 3 sekon.

Nama Guru: Sunaryo, S.Pd, MM

Materi Pembelajaran Gerak Parabola

Kecepatan Gerak Parabola

Menganalisis lintasan gerak Lintasan parabola dengan Gerak menggunakan vektor. Parabola

Indikator Soal

Teknik Penilaian Tes Tertulis

Disajikan paparan tentang tendangan pisang sorang pemain bola “Roberto Carlos “, peserta didik dapat: Menganalisis karaktersistik dari tendangan pisang (parabola). Disajikan paparan tentang tendangan Tes Tertulis pisang sorang pemain bola “Roberto Carlos “, peserta didik dapat Memprediksi besar kecepatan gerak parabola, jika diasumsikan waktu bola berada di udara adalah 3 sekon. Disajikan paparan tentang tendangan Tes Tertulis pisang sorang pemain bola “Roberto Carlos “, peserta didik dapat Memilih pernyataan yang berhubungan dengan lintasan tendangan pisang (parabola).

Bentuk Instrumen Soal Pilihan „Ya” atau “Tidak”

Nomor Soal 1

Soal Uraian

2

Soal Piliha Ganda

3

RUMUSAN SOAL HOTS/LOTS Nama Satuan Pendidikan Kelas/Semester Tahun Pelajaran Mata Pelajaran

: SMAN 85 Jakarta : X MIPA/Ganjil : 2016/2017 : Fisika

INDIKATOR SOAL Disajikan paparan tentang tendangan pisang sorang pemain bola “Ronaldo “, peserta didik dapat: 1. Menganalisis karaktersistik dari tendangan pisang. 2. Memprediksikan besar kecepatan sudut elevasi pada gerak parabola, jika diasumsikan waktu bola berada di udara adalah 3 sekon. 3. Memilih pernyataan yang berhubungan dengan hal terjadinya tendangan pisang.

Nama Guru: …………………………………………………. HOTS/LOTS

RUMUSAN SOAL

HOTS

Roberto Carlos (Brasil) melakukan tendangan ke arah gawang Perancis pada tahun 1997 yang nampaknya mengarah ke sudut lapangan tapi membelok seperti pisang ke dalam jaring gawang. Pembengkokannya sangat jelas sampai-sampai penjaga gawang Perancis Fabien Barthez tidak bergerak untuk menjaga gawangnya dari bola karena dalam pikirannya bola itu akan keluar. Gol yang berawal dari tendangan bebas ini ditembak pada jarak 35 m. Roberto Carlos menendang bola dengan kuat ( kecepatan vo = 35 m/s ), dengan sudut sekitar 120 relatif kearah gawang, dengan kecepatan sudut bola (o = 88 rad/s ). Awalnya lintasan bola bergerak lurus ke samping gawang, kemudian tiba-tiba membengkok ke arah gawang lawan dan masuk ke gawang lawan. Bola menyimpang sejauh 4 m dan cukup membuat kipper kebingungan. Lintasan bola ini menyerupai bentuk pisang, maka tendangan ini dikenal dengan nama tendangan pisang. Tendangan bebas Carlos di Tournai de France ditulis oleh banyak orang sebagai kesempatan yang sangat mujur yang menahan Perancis imbang. ( Sumber : the New Journal of Physics dengan penyuntingan ) SUNARYO_0817199225

INDIKATOR SOAL

RUMUSAN SOAL

HOTS/LOTS

Pertanyaan 1 : Tendangan Pisang Roberto Carlos Lingkari „Ya‟ atau „Tidak‟ untuk setiap pernyataan di bawah ini! Karakteristik tendangan pisang Teknik tendangan dan gaya gesekan antara bola dan udara mempengaruhi terjadinya tendangan pisang. Merupakan tendangan dengan kecepatan yang besar dan dari jarak yang sangat dekat. Arah tendangan pisang mendatar di permukaan lapangan dan gerakannya membelok.

Jawaban Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak

Jawaban : Ya/Tidak/Ya (skore 1 ) : Tidak benar 1, 2 ,3 atau tidak menjawab (Skore 0 ) Pertanyaan 2 : Tendangan Pisang Roberto Carlos Selama pertandingan terkadang Carlos melakukan tendangan bola melambung. Jika Carlos melakukan tendangan dari jarak 30 m ke arah gawang lawan, prediksikan besar kecepatan untuk dua macam sudut elevasi tendangan 45o dan 60o, jika waktu yg dibutuhkan selama bola berada di udara adalah 3 sekon ! PEDOMAN PENSKORAN Jawaban Skor Bola melakukan gerak parabola, untuk jarak tendangan 30 m, maka : X = VO cos  . t 30 = VO cos . 3 1 VO cos = 10 ................................................................... 1 0 1 ;  = 60 ,maka VO = 10/0,5 = 20 m/s ..... 2 ;  = 450, maka VO = 10/0,7 = 14,3 m/s Skor Maksimum SUNARYO_0817199225

1 3

INDIKATOR SOAL

HOTS/LOTS

RUMUSAN SOAL Pertanyaan 3 : Tendangan Pisang Roberto Carlos Pernyataan-pernyataan dibawah ini berhubungan dengan tendangan pisang dari Roberto Carlos, adalah.... A. Impuls saat Carlos menendang tidak ditentukan oleh besar gaya tendangan kaki dan waktu sentuh antara kaki dan bola. B. Kecepatan tendangan pisang ditentukan oleh massa dan momentum bola serta massa dan kecepatan kaki Carlos. C. Perbedaan tekanan udara disekitar bola pada tendangan pisang menghasilkan gaya yang dinamakan gaya berat. D. Waktu yang diperlukan gerakan tendangan pisang dan gerakan tendangan yang bentuknya lurus adalah sama. E. Bentuk lintasan bola pada tendangan pisang sangat dipengaruhi oleh sudut elevasi tendangan dan gaya gesekan antara bola dan udara. Jawaban : E (skore 1 ) Selain D (skore 0 )

SUNARYO_0817199225

ANALISIS HASIL PENILAIAN Satuan Pendidikan Kelas/Semester Tahun Pelajaran Mata Pelajaran No. 1 2 3 4

: SMAN 85 Jakarta : X MIPA/Ganjil : 2016/2017 : Fisika

Nama Peserta Didik

Nilai (PH)

IPK Belum Tuntas

IPK Sudah Tuntas

Tindak Lanjut

Brigita Manohara Nikita Mirzani Prita Laura Syahrini

PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN Satuan Pendidikan Kelas/Semester Tahun Pelajaran Mata Pelajaran No

: SMAN 85 Jakarta : X MIPA/Ganjil : 2016/2017 : Fisika

Nama Peserta Didik

1

Brigita Manohara

2 3 4

Prita Laura Nikita Mirzani Syahrini

SUNARYO_0817199225

IPK

Pengayaan/ Remedial

Rencana Kegiatan Diberikan perlakuan dan bantuan belajar kepada siswa yang bervariasi berdasarkan rumusan masalah yang tepat serta mempertimbangkan aspek khas dari masing-masing siswa.

More Documents from "Inos Cha"