3.1.4.5 Sop Rujukan Jika Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Hasil Rekomondasi Audit.docx

  • Uploaded by: rudi hartono
  • 0
  • 0
  • October 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 3.1.4.5 Sop Rujukan Jika Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Hasil Rekomondasi Audit.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 337
  • Pages: 2
PENGENDALIAN LAYANAN TIDAK SESUAI/ TENTANG KAJIAN DAN TINDAK LANJUT TERHADAP MASALAH-MASALAH SPESIFIK DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAN PELAYANAN DI PUSKESMAS No Dokumen

:

No. Revisi

:

Tgl. Mulai

SOP

Berlaku

:

Halaman

:

2 halaman ODIH,SKM NIP. 1968090819890310008

PUSKESMAS CIPEUNDEUY

1.

1. Pengertian

: Layanan tidak sesuai adalah layanan yang tidak mengikuti prosedur mutu atau prosedur klinis yang berlaku atau dampak/ akibat tindakan yang dilakukan. Mencakup mulai dari penerimaan pasien, pemeriksaan dan penegakan diagnosa, pemeriksaan penunjang dan pelaksanaan tindakan serta layanan yang bersifat administratif. Penanganan dilakukan sesuai dengan ketentuan dengan memperhatikan apa, bagaimana kejadian terjadi dan tindakan koreksi dilakukan. Pelaksanaan tindak koreksi dilakukan oleh petugas yang kompeten yang meliputi aktifitas pemeriksaan ulang terhadap layanan yang telah dikoreksi.

2.

2. Tujuan

: Sebagai acuan dalam mengatur proses pengendalian layanan tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan di Puskesmas Cipeundeuy agar dapat dilaksanakan secara konsisten dan efektif.

3.

3. Kebijakan

: SK Kepala Puskesmas tentang pengendalian layanan tidak sesuai.

4.

4. Referensi

: Manual Mutu Puskesmas Cipeundeuy

5.

5. Prosedur

: a. Persiapan Bahan dan Alat :  Format keluhan pelanggan b. Langkah-langkah : 1. Petugas pengendali layanan/ pemohon menemukan layanan tidak sesuai yang terjadi di unit/ poli layanan. 2. Petugas melakukan mencatat atas ketidaksesuaian layanan yang terjadi yang meliputi kronologis, waktu dan tempat kejadian secara lengkap yang dilaporkan dalam Lembar Tindakan Koreksi dan Pencegahan.

3. Laporan Ketidaksesuaian harus dipersetujui oleh kepala/ pengelola unit/ poli layanan atau Kepala Puskesmas. 4. Laporan Ketidaksesuaian diserahkan ke unit/ poli pelayanan tarkait untuk melakukan analisa dan menetapkan tindakan koreksi dan pencegahan yang sesuai (mengikuti Prosedur Tindak Koreksi dan Pencegahan). 5. Petugas/pemohon memeriksa tindakan koreksi dan pencegahan yang telah dilakukan untuk menetapkan apakah tindakan yang telah dilakukan telah sesuai/efektif. 6. Bila tindakan telah sesuai/ efektif, Petugas/pemohon menandatangani Lembar Tindakan Koreksi dan Pencegahan dan disetujui oleh Wakil Manajemen Mutu dan Kepala Puskesmas. 7. Wakil Manajemen Mutu akan memantau setiap laporan ketidaksesuaian untuk memastikan bahwa ketidaksesuaian tidak terjadi lagi. 6.

6. Diagram Alir

7.

7. Unit Terkait

8.

8. Histori

Semua unit layanan dan Wakil Manajemen Mutu

Related Documents


More Documents from "dedeh hamdiah"