11.15. Format Laporan Pk.docx

  • Uploaded by: Thiwie Thiwio
  • 0
  • 0
  • October 2019
  • PDF

This document was uploaded by user and they confirmed that they have the permission to share it. If you are author or own the copyright of this book, please report to us by using this DMCA report form. Report DMCA


Overview

Download & View 11.15. Format Laporan Pk.docx as PDF for free.

More details

  • Words: 738
  • Pages: 3
FORMAT LAPORAN PRAKTEK KERJA Halaman Judul Lembar Halaman Pengesahan Halaman Pengesahan dari Pabrik (jika ada) Lembar Konsultasi Dosen Pembimbing & Pembimbing Lapangan Prakata Daftar Isi Daftar Tabel (jika ada) Daftar Gambar (jika ada) Intisari BAB I. PENDAHULUAN I.1. Sejarah/Latar belakang didirikannya pabrik Jelaskan alasan alasan pendirian pabrik. Jelaskan juga perkembangan pabrik sampai saat ini. I.2. Lokasi Pabrik Jelaskan lokasi pabrik dan alasan pemilihan lokasi tersebut. I.3. Bahan Baku dan produk yang dihasilkan Jelaskan secara lengkap spesifikasi bahan baku beserta asalnya dan spesifikasi produk I.4. Organisasi Perusahaan Jelaskan bentuk organisasi perusahaan dan sistem managemennya I.5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Jelaskan bentuk keselamatan dan kesehatan kerja serta jaminan sosial karyawan BAB II. DESKRIPSI PROSES II.1. Konsep Jelaskan konsep reaksi proses beserta kondisi operasinya II.2. Diagram Alir Proses (untuk unit yang ditinjau) Gambarkan secara detail diagram alir proses II.3. Langkah-langkah Proses (secara lengkap) Jelaskan langkah-langkah proses yaitu persiapan bahan baku, proses utama, dan pemurnian produk BAB III. SPESIFIKASI ALAT III.1. Spesifikasi Alat Utama Jelaskan spesifikasi alat utama termasuk kapasitas, kondisi operasi, kebutuhan listrik/air, disertai gambar dan cara kerjanya. III.2. Spesifikasi Alat Pendukung Jelaskan spesifikasi alat pendukung termasuk kapasitas, kondisi operasi, kebutuhan listrik/air, disertai gambar dan cara kerjanya. BAB IV. UTILITAS IV.1. Penyediaan Air Jelaskan sumber air, kebutuhan dan kapasitasnya IV.2. Penyediaan Uap Jelaskan sumber uap, kebutuhan dan kapasitasnya IV.3. Penyediaan Tenaga Listrik Jelaskan sumber listrik, kebutuhan dan kapasitasnya (kwh) IV.4. Penyediaan Udara Tekan Jelaskan sumber udara, kebutuhan dan kapasitasnya Dll. BAB V. PENGOLAHAN LIMBAH Jelaskan limbah apa saja yang dihasilkan dan pengolahan limbahnya

BAB VI. LABORATORIUM VI.1. Program Kerja Laboratorium VI.2. Alat-alat Laboratorium (utama) VI.3. Prosedur analisa (untuk bahan baku, hasil antara, dan produk) BAB VII. PENUTUP VII.1. Kesimpulan VII.2. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN TUGAS KHUSUS

Ketentuan Penulisan Laporan Praktek Kerja dan Tugas Khusus 1.

Naskah lengkap laporan disusun dalam bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan ketentuan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.

2.

Penggunaan kata ganti orang harus dihindari.

3.

Sedapat mungkin penulis menggunakan istilah Indonesia atau istilah asing yang secara baku sudah memiliki padanan kata Indonesia yang sesuai (tepat). Apabila karena sesuatu hal terpaksa harus menggunakan istilah asing atau istilah daerah, istilah itu harus ditulis miring secara konsisten.

4.

Kata hubung, misalnya “karena”, “sehingga” dan “sedangkan”, tidak boleh digunakan sebagai awal suatu kalimat.

5.

Pemakaian kata “di mana”, “ketika”, dan “dari” dalam bahasa Indonesia yang baku, sebagai terjemahan kata “where”, “when”, dan “of” dalam bahasa Inggris sering

kurang

tepat

sehingga

harus

diterjemahkan dengan tepat dan sesuai

dengan bahasa Indonesia baku. 6.

Penulisan “ke” dan “di” sebagai awalan harus disambung (contoh: kedua, ditulis, ditimbang, dll) dan harus dibedakan dengan penulisan “ke” dan “di” sebagai kata depan yang harus dipisah (contoh: ke atas, di halaman, ke dalam, dll).

7.

Pemenggalan

kata

harus

dilakukan

secara

cermat,

sesuai

dengan kaidah

penulisan Bahasa Indonesia yang benar

Format Pengetikan 1.

Laporan penelitian diketik (dengan komputer) pada kertas HVS (70-80 gram) berukuran A4 (21 cm x 29.7 cm).

2.

Pencetakan dilakukan pada satu sisi kertas (single side)

3.

Batas kiri 4 cm (termasuk untuk penjilidan 1 cm), batas kanan 3 cm, batas atas 4 cm, batas bawah 3 cm.

4.

Diketik dengan Times New Roman 12 spasi 1.5 kecuali abstrak dengan spasi 1. Huruf miring atau huruf khusus lain dapat dipakai untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menandai istilah dalam bahasa asing.

5.

Setiap alinea baru, dimulai pada jarak 1,5 cm dari margin kiri.

6.

Jangan menggunakan header and footer

7.

Mulai dari Bab I hingga akhir laporan penelitian, diberi nomor halaman urut dengan angka Arab dimulai dengan angka 1.

8.

Hal-hal yang bersifat pengantar pada halaman depan (sebelum Bab I) diberi nomor dengan angka Romawi huruf kecil, seperti:i, ii, iii, dan seterusnya.

9.

Judul tabel harus ditulis di atas tabel dengan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali kata sambung.

10. Judul gambar ditulis di bawah gambar, dengan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. 11. JUDUL BAB harus ditulis seluruhnya dengan huruf besar, diketik tebal dengan ukuran 14 point dan diatur supaya simetris, dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa diakhiri dengan titik. 12. Judul Sub Bab diketik mulai batas tepi kiri dan dicetak tebal tanpa diakhiri dengan titik. Semua kata diawali dengan huruf besar, kecuali kata penghubung dan kata depan. Judul sub bab bila lebih dari satu baris maka ditulis satu spasi. Kalimat pertama sesudah Judul Sub Bab diatur seperti alinea baru.

Ketentuan Penulisan Laporan ini berlaku sampai ada aturan resmi penulisan laporan skripsi/tugas akhir/kerja praktek dari UNS dan Jurusan Teknik Kimia.

Related Documents

1115
October 2019 30
1115
June 2020 20
1115
November 2019 32
Format Laporan
May 2020 33
08-1115
May 2020 22
98-1115
May 2020 22

More Documents from ""